X

MODELS

X
PROFILE

AWARD

CSR

E-Magz

2013-06-07 08:00:00
DAIHATSU SELAMATKAN PENYU UNTUK INDONESIA BERSAMA 220 PEMBALAP TOUR DE SINGKARAK

DAIHATSU SELAMATKAN PENYU UNTUK INDONESIA BERSAMA 220 PEMBALAP TOUR DE SINGKARAK

 

PADANG : Dalam rangkaian Tour De Singkarak (TDS) 2013, Daihatsu yang merupakan sponsor Official Team Car TDS mengajak seluruh pembalap untuk melakukan aksi sosial penyelamatan penyu bertajuk "Daihatsu Selamatkan Penyu Untuk Indonesia". Tanggal 7 Juni 2013, bertempat di Pantai Air Manis Padang, sebanyak 220 pembalap TDS diajak untuk melepas 300 tukik (anak penyu). Selain melepas tukik, Daihatsu juga melakukan adopsi terhadap 3000 telur penyu dan pemberian bantuan peralatan untuk 3 konservasi Penyu di Sumatera Barat yaitu di kota Pariaman, kabupaten Padang Pariaman dan kabupaten Pesisir Selatan (Pulau Karabak Ketek). Peralatan yang diberikan meliputi fish box untuk meletakkan tukik, kotak stereofoam, waring, dan papan nama untuk konservasi. Kegiatan penyelamatan penyu ini termasuk dalam pilar CSR, Hijau Bersama Daihatsu dan sudah digalakkan sejak tahun 2011.

 

Acara ini dihadiri oleh Wakil Menteri (Wamen) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Sapta Nirwandar, Ketua Dharma Wanita Pusat Republik Indonesia, Kuntari Sapta Nirwandar, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebijakan Pariwisata, Mohammad Faried, PLT Direktur Promosi Dalam Nageri, Rizki Handayani, dan Kepala Seksi Konservasi Rehabilitasi Tata Ruang Dinas Kelautan dan Perikanan Propinsi Sumatera Barat, Resi Suriati. Manajemen Daihatsu yang hadir adalah Pradipto Sugondo (Executive Officer PT Astra Daihatsu Motor), Saulius Farlyan (Kepala Cabang Daihatsu Sales Operation Padang dan Bukittinggi) dan Asjoni (Head, CSR Department PT Astra Daihatsu Motor). Penyerahan simbolik bantuan peralatan untuk 3 konservasi diserahkan oleh Pradipto Sugondo kepada Kepala Seksi Konservasi Rehabilitasi Tata Ruang Dinas Kelautan dan Perikanan Sumatera Barat, dan disaksikan oleh Sapta Nirwandar. Setelah serah terima simbolik, seluruh pembalap TDS langsung diarahkan ke bibir pantai. Disitu sudah disiapkan 300 ekor tukik yang akan dilepaskan. Setelah mendengar aba-aba, seluruh pembalap melepaskan tukik mereka diiringi dengan tepukan yang meriah.

 

Penyu merupakan hewan yang tingkat kelangsungan hidupnya cukup kecil. Dari 1000 ekor tukik yang dilepaskan ke laut, hanya 1% yang mempunyai kesempatan untuk bertahan hidup, yang lain tidak bertahan karena dimangsa hewan lain atau bahkan ditangkap manusia. "Kami terus melakukan upaya perlindungan terhadap penyu, seperti tahun 2012 kami sudah menangkarkan 105,000 telur penyu. Memang ironis ketika kita melakukan aksi penyelamatan disini, di tempat lain masih banyak pihak-pihak yang menjual dan mengkonsumsi teulr penyu. Oleh karena itu kami mengharapkan kerjasama dari pemerintah dan masyarakat agar turut menjaga kelestarian penyu ini," papar Pradipto dalam sambutannya.

 

Dalam penyaluran bantuan peralatan ke konservasi Penyu, Daihatsu menggandeng Dinas Kelautan dan Perikanan masing-masing kota. Harapannya ini sebagai langkah awal agar konservasi penyu yang dibantu bisa semakin dikembangkan lagi. “Kami berharap dengan adanya bantuan dari Daihatsu dan kegiatan seperti ini, bisa sedikit demi sedikit menggugah kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kelangsungan hidup penyu,” tambah Resi Suriati.

 

 


Kembali
IKUTI KAMI

All Rights Reserved © Copyright 2017 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku