PROFILE

AWARD

CSR

E-Magz

2012-11-02 00:00:00
PENANAMAN 10,000 POHON ASTRA MOTOR III

PENANAMAN 10,000 POHON ASTRA MOTOR III

 

CIPULE, KARAWANG : Dalam rangka memperingati HUT ASTRA ke 55, Astra Motor III (ASMO III) menunjukan kepedulian terhadap lingkungan dengan menanam 10.000 pohon. Ceremonial penanaman pohon ini diadakan pada tanggal 8 November 2012 yang lalu. Adapun unit perusahaan yang ikut serta dalam penanaman tersebut diantaranya PT Astra Daihatsu Motor (ADM), PT Astra Multi Trucks Indonesia (AMTI), PT Gaya Motor (GM), PT Fuji Technica Indonesia (FTI), PT Inti Pantja Press Indonesia (IPPI) dan PT Tjahja Sakti Motor (TSM).

 

Ke 10.000 pohon yang ditanam di Situ Cipule Karawang Timur ini, diharapkan dapat berfungsi sebagai zona penyangga resapan air. Dalam hal ini, ASMO III bekerja sama dengan PJT II Jatiluhur sebagai penyedia lahan seluas kurang lebih 5 hektar. Pohon yang ditanampun adalah pohon yang berfungsi sebagai penahan air, seperti Jati Putih, Mahoni, Akasia, Ketapang, Trembesi, Kayumanis, dan Kenari. Untuk penanaman dan perawatan pohon-pohon yang sudah ditanam, ASMO III juga memberdayakan masyarakat yang tinggal di sekitar wilayah tersebut.

 

Ceremonial penanaman ini dihadiri oleh Bupati Karawang, Ade Swara dan jajaran Pemerintah Kabupaten Karawang lainnya yaitu Kepala Disperindagtamben H. Hanafi, Kepala BPLH H. Dadan Sugardan, dan Ketua TP PKK Hj Nurlatifah. Sedangkan dari ASMO III sendiri hadir Director In Charge ASMO III Jacob Oeswadi, Division Head General Affairs PT Astra Daihatsu Motor, Guntur Mulja; Division Head Engine Plant PT Astra Daihatsu Motor, Santoso Catur dan beberapa perwakilan dari perusahaan ASMO III yang lain.

 

Dalam kegiatan ini, Ade Swara menghimbau hendaknya acara ini tidak sebatas seremonial belaka, tetapi merupakan titik tolak bagi untuk lebih berperan dalam upaya meningkatkan kelestarian dan perlindungan lingkungan hidup. Hal ini sejalan dengan misi kelima pemerintah kabupaten Karawang yakni “meningkatkan daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup”.

 

Pada acara penanaman ini, ASMO III juga menggandeng serikat karyawan (SK) masing-masing PT untuk turut berpartisipasi. Sekitar 200 karyawan dari 6 PT serentak melakukan penanaman pohon di tepi danau Cipule tersebut. SK merasa sangat antusias karena dilibatkan dalam acara ini. Mereka juga ingin turut serta melestarikan lingkungan tempat tinggal mereka, salah satunya dengan cara menanam pohon.
 


Kembali