Agregator.com

FIKSI

4 Penerbit yang berani menerbitkan Karya-karya Pemula

Ada beberapa penerbit yang berani menerbitkan karya penulis pemula, lalu mengubah penulis pemula menjadi terkenal dan karya tulisnya menjadi best seller

Kamu suka menulis fiksi di blog atau media sosial, seperti Instagram, Facebook, Google Plus, Path, dan sebagainya. Tulisan fiksi yang kamu buat mengenai kegiatan kamu sehari-hari, persahabatan, perjalanan wisata ke berbagai daerah, wisata kuliner, dan sebagainya. Tulisan-tulisan fiksi yang kamu buat di blog dan media sosial tersebut, kamu bagikan kepada teman-teman dan orang lain sehingga mereka membaca, menanggapi, dan menilai tulisan kamu. 

Para pembaca tulisan kamu yang ada di blog dan media sosial menilai bahwa tulisan fiksi yang kamu buat layak untuk diterbitkan oleh penerbit ternama. Kamu sebagai pemilik tulisan menerima dan mengikuti saran para pembaca tulisanmu. Lantas kamu pun mencoba mengirimkan tulisan fiksi kamu ke berbagai penerbit. Namun, kenyataanya tulisan fiksi kamu banyak di tolak oleh para penerbit. 

Sebab, kamu tidak mengetahui syarat mengirimkan naskah ke penerbit atau tidak mengetahui penerbit-penerbit apa saja yang berani menerbitkan naskah fiksi atau non fiksi yang ditulis oleh penulis pemula. Padahal, ada beberapa penerbit yang berani menerbitkan tulisan penulis pemula, lalu mengubah penulis pemula menjadi terkenal karya tulisnya menjadi best seller. Berikut beberapa penerbit yang menerbitkan karya penulis pemula menjadi best seller.


1. Penerbit GagasMedia

aboutdoublr.blogspot.com

Salah satu penulis yang telah diorbitkan oleh Penerbit GagasMedia adalah Raditya Dika, dengan karya fiksinya berjudul Kambing Jantan. Dari penerbit GagasMedia inilah nama Raditya Dika melambung tinggi karena karya-karyanya selalu menjadi best seller, seperti Kambing Jantan, Marmut Merah Jambu, Cinta Brontosaurus, Babi Ngesot, dan Manusia Setengah Salmon. Beberapa karyanya bahkan sampai di filmkan dan mendapat apresiasi besar dari penonton.


2. Penerbit Bentang Pustaka

bangka.tribunnews.com

Siapa yang tidak kenal dengan Andrea Hirata? Awalnya orang tidak mengetahui bahwa Andrea Hirata adalah seorang penulis terkenal. Namun, berkat Penerbit Bentang Pustaka, tulisan fiksi Andrea Hirata yang berjudul Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Edensor, dan Maryamah Karpov mulai dikenal oleh khalayak ramai dan menjadi best seller. Bahkan novel Laskar Pelangi dan Sang Pemimpi telah di filmkan ke layar lebar. Hal itu membuat nama Andrea Hirata menjadi terkenal.


3. Penerbit Gramedia

isigood.com

Eka Kurniawan awalnya menawarkan naskah fiksinya yang berjudul Cantik itu Luka ke berbagai penerbit, tetapi selalu ditolak oleh penerbit. Dari sekian banyak penerbit yang coba ia rayu hanya Yayasan Aksara Indonesia yang bersedia menerbitkan karya Eka, namun hasil penjualannya tergolong biasa-biasa saja. Eka justru baru mendampuk kepopulerannya setelah dipinang Gramedia. Beberapa novel yang diterbitkan Gramedia adalah Lelaki Harimau, Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas, dan O. Novel Cantik itu Luka telah diterjemahkan ke dalam 24 bahasa asing dan Lelaki Harimau telah diterjemahkan ke dalam 5 bahasa asing. 


4. Penerbit Mizan Publishing

duajurai.com

Berdiri pada 1983, Mizan tumbuh menjadi salah satu penerbit bagi karya-karya fiksi nasional berkelas dunia. Karya-karya besar yang pernah diterbitkan Mizan adalah Serenade Biru Dinda karya Asma Nadia dan Inilah Kelas Paling Ajaib karya Benny Rhamdani. Keduanya pernah mengalami masa-masa suram menghadapi penolakan dari berbagai publishing, namun berkat Mizan karya keduanya menjadi best seller dan kini karya keduanya selalu diburu banyak pecinta karya fiksi.

AnanditoReza

http://kenan413.blogspot.com | [email protected]

Widget


Code

<iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0;" src="http://daihatsu.co.id/kokgituya/widget" scrolling="yes"></iframe>