Agregator.com

LIFESTYLE

1001 Manfaat Daun Sirsak

Di balik rupanya yang kurang menawan, buah dan daun sirsak memiliki banyak manfaat, bahkan akarnyapun memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh.

Siapa yang tak tahu buah sirsak? Buah yang lezat saat dinikmati sebagai jus maupun olahan kuah es buah tersebut memang memiliki kekhasan dalam cita rasanya, yakni asam dan manis. Meski bentuknya abstrak dengan kulit buahnya berwarna hijau dan memiliki duri, namun tak sedikit orang yang menyukai buah ini. Di balik rupanya yang kurang menawan, buah dan daun sirsak memiliki banyak manfaat, bahkan akarnyapun memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh.. 

Namun, tahukah Anda manfaat dari daun yang sering dimanfaatkan sebagai bahan pakan ternak tersebut? Ya benar, daun yang mengandung Lactones ini memiliki khasiat untuk melawan penyakit mematikan seperti kanker. Namun tidak hanya itu, dengan beragam kandungan gizi yang dimiliki daun bermuatan Isoquinoline ini, maka tidak mustahil bila berbagai penyakit berbahaya lainnya seperti kanker, diabetes, asam urat, dan lain-lain juga bisa disembuhkan. Berikut ini beberapa detil jenis penyakit yang bisa dibantu pemulihannya saat kita memetik manfaat daun sirsak:

Daun yang juga mengandung Lipid tersebut ternyata mampu menetralkan kadar gula dalam tubuh

a) Diabetes

Daun yang juga mengandung Lipid tersebut ternyata mampu menetralkan kadar gula dalam tubuh sehingga mendekati normal, yakni 70-120 mg. Jadi bagi pengidap penyakit diabetes bisa mencoba mengonsumsi rutin daun sirsak. Biasanya daun sirsak sudah diolah dan diekstrak menjadi obat herbal, namun bila Anda ingin mengolahnya sendiri maka caranya cukup mudah. Simak yang berikut: 

1. Rebus air sebanyak kurang lebih 3 gelas.

2. Setelah air menjadi hangat masukkan 5 helai daun sirsak yang sudah dicuci bersih.

3. Tunggu hingga air rebusan tadi menyusut menjadi 1 gelas saja.

4. Saring dan konsumsilah airnya secara rutin tiap hari pagi dan sore.

b) Kanker

Daun sirsak bisa digunakan sebagai senjata ampuh untuk memberantas sel kanker, bahkan keampuhannya diklaim melebihi cepatnya efek kemoterapi. Hal ini dikarenakan dalam daun sirsak terkandung bahan aktif yang dapat melawan sel kanker. Cara mengolah daun sirsak untuk obat kanker:

1. Rebus 10 lembar daun sirsak bersama 3 gelas air.

2. Biarkan mendidih hingga air menjadi berukuran 1 gelas.

3. Saring dan dinginkan

4. Minumlah secara rutin setiap pagi 

c) Asam urat

Suka makan tempe namun takut asam urat kambuh? Imbangi dengan mengonsumsi daun sirsak Cara mengolahnya pun mudah: 

1. Rebus 5 lembar daun sirsak 

2. Tunggu hingga mendidih sampai air berkurang kira-kira menjadi 1 gelas. 

3. Dinginkan dan minumlah sebanyak 3 kali sehari secara rutin.

d) Rematik

Daun sirsak mengandung agen anti radang sehingga dapat mengobati penyakit rematik. Dengan cara menghaluskan daun sirsak, kemudian mengoleskan kepada bagian yang sakit, maka niscaya rematik berkurang. Lakukan secara rutin 2 kali sehari. 

e) Sakit punggung

Sakit punggung biasanya diderita oleh para lanjut usia atau orang yang hobi berolahraga. Cara pengobatannya adalah dengan merebus 20 lembar daun sirsak ke dalam 5 gelas air, rebus hingga mendidih sampai tersisa kurang lebih 3 gelas dan minum.

f) Bisul

Cara penggunaannya hampir sama seperti saat mengobati sakit punggung yaitu dengan menghaluskan daun sirsak kemudian dioleskan kepada luka bisul. Daun yang digunakan disarankan berjumlah sekitar 5-10 lembar.

g) Eksim

Manfaat daun sirsak lainnya adalah untuk mengatasi penyakit kulit seperti eksim.


Selain untuk keperluan kesehatan, daun sirsak juga bisa diberdayakan untuk menopang kecantikan, mulai dari menghilangkan jerawat, komedo, dan membuat kulit wajah halus. Namun kecantikan tidak hanya berhubungan dengan wajah saja, melainkan penampilan totalitas yang ada pada diri seseorang. Mengonsumsi daun sirsak dapat memperlancar pencernaan sehingga tidak ada lemak yang tertimbun sehingga tubuh terlihat lebih ideal. Guna menghilangkan jerawat, komedo, dan flek hitam pada wajah, demikian resepnya: 


a. Bersihkan daun sirsak sebanyak 7 lembar dengan menggunakan air yang mengalir, agar bakteri atau kuman yang ada hilang.

b. Tumbuk atau lumat daun sirsak sampai halus.

c. Masukkan daun sirsak yang sudah halus ke dalam rendaman air mawar.

d. Jika sudah selesai gunakan air campuran tersebut sebagai masker.

e. Gunakan pada malam hari saat mau tidur dan basuh keesokan harinya untuk mendapat hasil maksimal. 

Sebagai catatan tambahan, masker tersebut hanya bisa digunakan 1 kali saja, jadi jika ingin lebih praktis tinggal siapkan adonan masker tersebut untuk beberapa kali pakai.


Untuk mengencangkan kulit wajah dengan menggunakan daun sirsak, berikut cara pembuatannya:

a. Ambil 10 lembar daun sirsak kemudian cuci bersih.

b. Rebus daun tersebut dangan menggunakan 3 gelas air.

c. Biarkan mendidih hingga ukuran air yang semula 3 gelas kini hanya menjadi 1 gelas.

d. Dinginkan dan konsumsilah secara teratur 1-2 kali dalam seminggu.

Manfaat daun sirsak berikutnya pasti disukai para wanita, yaitu sebagai pelangsing tubuh. Metode meraciknya sama dengan ketika Anda ingin mengencangkan kulit, hanya saja cara mengonsumsinya berbeda, bukan 1-2 kali dalam seminggu, melainkan 2 kali dalam sehari secara rutin.  Selain baik bagi kulit dan tubuh,  daun sirsak juga dapat dipakai sebagai vitamin rambut agar kuat dan tidak mudah rontok, serta bebas dari kutu. 

a. Sebagai agen anti rontok

Cara penggunaanya adalah dengan merebus daun sirsak secukupnya kemudian dinginkan dan setelah itu gunakan air rebusan untuk membasuh seluruh bagian rambut.

b. Penangkal kutu

Daun sirsak memiliki kemampuan untuk menghambat perkembangan kutu sehingga kutu sulit untuk bertahan hidup. Selain itu, vitamin yang terkandung di dalamnya juga mampu menghilangkan ketombe sehingga rambut tetap bersih bebas kutu sekaligus ketombe. 

Tak hanya berguna untuk menyembuhkan penyakit, mendongkrak kecantikan kulit dan rambut, namun daun sirsak juga dapat dikonsumsi sehari-hari guna meningkatkan kekebalan tubuh. Meski boleh dikonsumsi rutin, namun bukan berarti kita boleh berlebihan dalam menikmati manfaatnya. 

Segala sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Hal serupa berlaku untuk daun sirsak yang ternyata memiliki efek samping jika dikonsumsi terlalu banyak. Daun sirsak ternyata juga tidak dianjurkan untuk ibu hamil dan menyusui. Lalu, apa saja efek samping jika terlalu banyak mengonsumsi rebusan daun sirsak?

a. Diare

b. Terlalu banyak mengeluarkan keringat

c. Lambung terasa perih seperti terlalu banyak makan pedas

d. Susah buang air besar

e. Punggung terasa panas

f. Nyeri sendi

g. Suhu badan meningkat

h. Menggigil

Setelah mengetahui manfaat positif sekaligus dampak buruknya bila dikonsumsi berlebih, kini kita tahu bahwa daun sirsak yang mungkin tumbuh di sekitar kita dapat dimanfaatkan sebagai pahlawan bagi kesehatan dan penampilan kita. Untuk itu, jangan ragu lagi untuk mencoba beragam resep yang sudah dipaparkan di atas. Budidayakan hidup sehat dengan bahan-bahan alami yang tak hanya mudah diperoleh di sekitar kita, namun juga murah meriah. Semoga sehat selalu!

kita

http://kekitaan.com/ | [email protected]

Widget


Code

<iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0;" src="http://daihatsu.co.id/kokgituya/widget" scrolling="yes"></iframe>