Agregator.com

LIFESTYLE

5 Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan dan Kecantikan

lidah buaya mengandung banyak mineral yang berguna bagi tubuh secara keseluruhan

Lidah buaya adalah sebuah tanaman yang cukup umum dijumpai di pekarangan rumah dan sudah terkenal sejak lama karena berbagai kegunaannya pada berbagai bidang. Kali ini, kita akan coba membedah manfaat lidah buaya khususnya dari perspektif kesehatan. Lidah buaya berasal dari genus Aloe dan mempunyai nama Latin aloe vera. Tidak begitu jelas darimana asal lidah buaya, yang jelas tanaman ini ditemukan di berbagai belahan dunia, khususnya di negara-negara Afrika seperti Mesir dan Maroko yang memiliki banyak gurun dan padang pasir. Dengan karakteristik mirip kaktus, lidah buaya tidak kesulitan hidup di iklim seperti itu karena kemampuannya menyimpan air di dalam tubuh.

lidah buaya mengandung banyak mineral yang berguna bagi tubuh secara keseluruhan

Terdiri lebih dari 90% air, lidah buaya mengandung banyak mineral yang berguna bagi tubuh secara keseluruhan. Pada aplikasinya, getah yang dihasilkan dari lidah buaya lazim dijumpai pada produk-produk kosmetik dan kecantikan walaupun mempunyai banyak manfaat kesehatan lainnya.

Nah, berikut ini kita akan membahas beberapa manfaat lidah buaya yang paling terkenal.


1. Manfaat Lidah Buaya yang pertama adalah Menghilangkan Bekas Luka

Hampir semua luka dapat dihilangkan atau minimal dikurangi bekasnya dengan getah dari lidah buaya. Inilah salah satu manfaat lidah buaya yang paling populer. Cukup oleskan getah dari lidah buaya ke luka bakar, bekas jerawat atau luka gores dan kulit Anda akan terasa sejuk karena getah lidah buaya mempunyai sifat mendinginkan.


2. Meredakan Jerawat

Jika wajah Anda mudah berjerawat, pengaplikasian getah lidah buaya bisa meredakan pertumbuhannya. Selain membersihkan wajah Anda dari jerawat, getah lidah buaya juga akan melembabkan dan mencegahnya dari kekeringan. Sangat berguna jika kulit Anda sensitif terhadap produk-produk kosmetik yang mengandung bahan kimia.


3. Melindungi Kulit

Dengan getah bening yang mirip gel, lidah buaya juga bisa Anda manfaatkan untuk melindungi kulit dari paparan Ultraviolet matahari saat Anda keluar rumah. Selain itu, getah lidah buaya juga bisa melindungi Anda dari gigitan nyamuk atau serangga lainnya.


4. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Getah lidah buaya sangat berguna untuk merangsang pertumbuhan rambut karena mengandung sejenis zat mirip keratin, protein yang membentuk rambut. Banyak sekali produk shampoo yang diciptakan dari ekstrak lidah buaya sehingga ini adalah salah satu manfaat lidah buaya yang tidak terbantahkan.


5. Mengurangi Ketombe

Selain merangsang pertumbuhannya, getah lidah buaya juga bisa mengurangi ketombe pada rambut Anda, mencegahnya rontok dan juga menambah kilaunya. jadi Anda bisa mendapat manfaat ekstra saat menggunakan getah lidah buaya untuk keramas. "Shampo" alami yang sangat sempurna.


Sebenarnya, ada cara lain memanfaatkan lidah buaya selain dari getahnya, yakni dikonsumsi secara langsung. Beberapa penelitian membuktikan bahwa kandungan vitamin dan mineral yang melimpah pada aloe vera berguna untuk menurunkan berat badan dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Karena rasanya yang sangat pahit, mengkonsumsi lidah buaya secara langsung akan menjadi pengalaman yang tidak terlalu berkesan. Cara umum untuk mengkonsumsi lidah buaya adalah dengan mengolahnya menjadi juice. Anda bisa menambahkan gula untuk mengurangi rasa pahitnya, tapi susu dan madu adalah alternatif yang sangat baik. Konsumsi secara rutin akan memberikan efek yang luar biasa banyak bagi tubuh Anda.

Cukup banyak bukan manfaat lidah buaya bagi kita? Dengan karakteristiknya yang tumbuh subur di iklim tropis seperti di Indonesia, maka lidah buaya bisa dengan mudah ditanam di rumah kita. Selain memperindah pekarangan, kita juga bisa memanfaatkan berbagai kegunaan aloe vera bagi tubuh. Selamat mencoba!

annamaria323

http://annamaria323.blogspot.co.id | [email protected]

Widget


Code

<iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0;" src="http://daihatsu.co.id/kokgituya/widget" scrolling="yes"></iframe>