Agregator.com

LIFESTYLE

7 Hal yang Bisa Merangsang Kecerdasan Si Kecil Sejak Dalam Kandungan

Untuk menjadikan anak menjadi sosok yang cerdas perlu diterapkan sejak dini, bahkan sejak dalam kandungan. Karena tingkat kecerdasan seorang anak berawal dari dalam kandungan.

Bagi setiap orang tua, anak merupakan berkah yang luar biasa dari Sang Pencipta. Apapun akan mereka lakukan demi tumbuh kembang si kecil agar kelak menjadi sosok yang cerdas dan berguna bagi sekitarnya. Tentunya untuk menjadikan anak menjadi sosok yang cerdas perlu diterapkan sejak dini, bahkan sejak dalam kandungan. Kenapa? Karena tingkat kecerdasan seorang anak berawal dari dalam kandungan.

Rangsangan yang diberikan sejak bayi dalam kandungan  akan mempengaruhi kecerdasan mereka ketika lahir kelak. Termasuk asupan gizi saat mengandung, pola pikir, dan perilaku bunda sangat berpengaruh pada pembentukan otak si kecil semasa masih menjadi janin. Lalu apa saja yang bisa bunda lakukan untuk membantu memprsiapkan kecerdasaan anak sejak dalam kandungan? 

1. Menjaga asupan gizi dan nutrisi semenjak bunda mengetahui positif hamil.

www.pexels.com

Saat hamil tentunya bunda membutuhkan porsi asupan nutrisi yang lebih bagi janin. Karena bunda tidak hanya makan untuk diri sendiri, melainkan makan berdua bersama janin yang sedang berkembang dalam kandungan. Perbanyaklah konsumsi buah, sayuran serta vitamin. Selain itu guna menghasilkan anak yang cerdas ibu hamil juga harus memperbanyak konsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3. Mengkonsumsi susu hamil yang kaya asam folat juga bisa membantu tumbuh kembang janin. 

2. Memberikan stimulan pada janin dengan cara membiasakan diri berkomunikasi dengan mereka sejak dalam kandungan.

www.shareria.com

Bayi yang belum lahir dapat mendengarkan suara ibunya selama sepuluh minggu terakhir kehamilan, dan bayi dalam kandungan dapat menunjukkan respon dari apa yang mereka dengar dengan cara menendang perut dari dalam kandungan. Maka dari itu, bunda harus membiasakan diri berkomunikasi bersama bayi dalam kandungan. Bunda bisa menceritakan hal-hal yang sedang bunda lalui, atau juga bisa membacakan buku cerita anak - anak. Hal ini akan bermanfaat pada tumbuh kembang dan kecerdasaan otaknya kelak. 

3. Berjemur di bawah sinar matahari pagi untuk perkembangan dan kesehatan tulang janin sejak dalam kandungan. 

www.pexels.com

Selain menjaga asupan nutrisi, bunda juga perlu berjemur dibawah sinar matahari pagi untuk kesehatan tulang janin. Selepas subuh, bunda bisa keluar rumah untuk mendapatkan sinar matahari pagi selama 20 menit. Karena beberapa ahli medis menghubungkan kekurangan vitamin D bisa menyebabkan perkembangan autisme anak. Jadi berjemur di bawah sinar matahari pagi adalah salah satu cara yang tepat untuk menurunkan resiko autisme pada anak sejak dalam kandungan.

4. Jika bunda merasa sakit seperti pusing, flu atau batuk jangan sembarangan mengkonsumsi obat bebas,karena bisa mempengaruhi tumbuh kembang dan kecerdasan janin. Lebih baik  beristitahat yang cukup atau segera berkonsultasi dengan dokter kandungan.

www.jurushamil.com

Apabila dalam masa kehamilan bunda terserang flu, batuk atau pusing ada baiknya jangan terburu-buru meminum obat yang dijual bebas dipasaran. Sebab efek dari obat tersebut tidak bagus untuk perkembangan janin, salah satunya mempengaruhi kecerdasaan mereka. Sebaiknya bunda  beristirahat yang cukup dan perbanyak minum air putih. Namun jika itu dirasa kurang berpengaruh, cobalah berkonsultasi pada dokter kandungan untuk mendapatkan solusi daripada harus mengorbankan kesehatan janin karena mengkonsumsi obat-obatan.

5. Hindari makanan berpengawet , seperti makanan cepat saji dan makanan dalam kemasan.

www.smartmama.com

Semasa hamil sebaiknya ibu hamil menghindari makanan dalam kemasan seperti mie instan, ikan sarden, daging kornet dan sayuran dalam kaleng, dan makanan kemasan atau cepat saji lainnya. Karena zat pengawet yang terkandung didalam makanan tersebut dapat mengganggu pertumbuhan saraf-saraf otak janin, padahal masa kehamilan adalah masa paling pesat pertumbuhan sel dan saraf pada otak janin. Jadi, lebih baik bunda memilih bahan makanan segar tanpa bahan pengawet, selain baik untuk kecukupan gizi juga baik untuk kesehatan ibu dan janin. 

6. Musik dipercaya untuk merangsang perkembangan otak si kecil, oleh karena nya bunda harus rutin mendengarkan musik salah satunya adalah musik klasik. 

www.merdeka.com

Cara berikutnya yang dapat dilakukan oleh ibu hamil agar memiliki anak yang cerdas adalah dengan mendengarkan musik. Kegiatan ini dapat dilakukan untuk mengiringi aktivitas sehari-hari, bunda bisa mulai dengan musik klasik ataupun musik lain favorit bunda. Kebiasaan ini dapat membantu jembatan saraf di otak bayi untuk berkembang dengan lebih baik. 

7. Selalu berpikiran positif agar terhindar dari stress dan rajin melakukan olah raga ringan. 

www.abiumi.com

Olahraga ringan seperti jalan kaki, berenang dan yoga bisa memberi manfaat pada perkembangan otak janin. Dengan yoga misalnya bunda bisa melatih kefokusan terhadap sesuatu hal, dan itu juga bisa menjadi ajang latihan bagi janin agar nantinya setelah lahir tingkat kefokusan dia akan lebih baik. Selain itu bunda juga disarankan untuk relax dan menghindari stress sebab apa yang dirasakan oleh ibu hamil akan berpengaruh buruk pada perkembangan janin. Maka kurangi aktivitas yang bisa menguras tenaga dan pikiran.

BACA JUGA :

Dear Calon Ibu , inilah Jenis Makanan Sehat untuk Ibu Hamil

Ayah-Bunda, Ini loh 4 Permainan Edukatif Yang Bisa Merangsang Tumbuh Kembang Si Kecil

Votes


7


13

minkimo90

http://minkimo.com | [email protected]

Widget


Code

<iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0;" src="http://daihatsu.co.id/kokgituya/widget" scrolling="yes"></iframe>