Agregator.com

LIFESTYLE

Ungkapan Rasa Cinta pada Hari Ibu di Beberapa Negara

perayaan Hari Ibu di tiap negara dilakukan secara berbeda-beda dengan waktu yang berbeda pula. Ingin tahu bagaimana peringatan hari ibu di negara-negara selain Indonesia? Simak ulasannya berikut ini.

Tepat 22 Desember lalu Indonesia memperingati satu hari yang bersejarah yaitu Hari Ibu. Hari dimana wanita mendapatkan pengakuan tertinggi atas derajatnya sebagai seorang Ibu yang menjadi panutan dan suri tauladan bagi anak-anak tercintanya. Hari dimana para anak diingatkan kembali untuk menyayangi sosok ibu, wanita yang telah melahirkan dan membesarkan dengan penuh cinta kasih dan tak kenal lelah. Ibu juga merupakan sosok yang tidak pernah meminta anak-anaknya membayar semua perhatian dan cinta yang telah diberikannya sejak kamu masih ada di dalam kandungannya.

Tak hanya Indonesia di hampir 50 negara juga memperingati Hari Ibu, namun perayaan Hari Ibu di tiap negara dilakukan secara berbeda-beda dengan waktu yang berbeda pula. Ingin tahu bagaimana peringatan hari ibu di negara-negara selain Indonesia? Simak ulasannya berikut ini.



1. Hari Ibu di Yunani


www.tribunnews.com

Peringatan hari ibu di Yunani yaitu 2 Febuari. Berbeda dengan peringatan hari ibu di Indonesia yang memang dikhususkan untuk memberi tanda cinta kasih kepada ibu kita sendiri. Justri orang-orang di Yunani  akan menghadiahkan segala sesuatu yang terbuat dari madu. Seperti kue, minuman, dan berbagai macam bunga. Hadiah itu akan dipersembahkan untuk Rhea, ibu dari segala dewa, dan diberikan saat fajar mulai menyingsing sehingga hal tersebut terkesan sedikit mistis.

2. Hari Ibu di Thailand

www.rimanews.com

Di Thailand, hari Ibu dirayakan tiap tanggal 12 Agustus sebagai penghormatan atas hari kelahiran Ratu Sirikit. Pada hari itu seluruh rakyat Thailand menaikkan bendera dan menghiasi rumah mereka dengan foto sang Ratu, sebagai ungkapan kesetiaan terhadap beliau. Akan tetapi itu tidak dilakukan untuk sekedar memberikan penghormatan terhadap Ratu, warga Thailand juga merayakannya sebagai ungkapan penghormatan terhadap ibu mereka. Di pagi hari, orang-orang memberikan sedekah kepada pada Bhiksu, kemudian para anak bersujud di kaki ibu sebagai tanda penghormatan, pada hari itu juga warna bunga melati putih menghiasi wilayah mereka sebagai simbol kasih sayang seorang ibu.

3. Hari Ibu di India

www.winnetnews.com

Masyarakat India merayakan hari Ibu setiap bulan Oktober, perayaan itu sendiri bersamaan dengan Festival Durga Puja. Durga merupakan Dewa yang dipercaya akan melindungi umat Hindu dari kejahatan, Durga juga dikenal sebagai Ibu Jagad Raya. Pada Hari Ibu di India para ibu akan dimanjakan oleh anak-anak mereka. Semua pekerjaan rumah akan diambil alih oleh anak-anak yang sudah cukup dewasa untuk bekerja. Toko-toko di India juga berlomba-lomba mengeluarkan diskon untuk perlengkapan wanita seperti kain sari, perhiasan dan lain-lain agar para pembeli tertarik untuk membelikan ibu mereka. Hingga saat ini, belum ada tanggal nasional untuk hari ibu di India.

5. Hari Ibu di Jepang


www.japanesestation.com

Di negeri sakura ini  Hari Ibu disebut Haha no hi yang selalu diadakan setiap minggu kedua di bulan Mei. Sebagai ucapan terima kasih pada ibu, anak-anak di Jepang memberikan bermacam kado seperti bunga, kartu, handicraft, dan cokelat. Secara tradisi anak memberikan karangan bunga berwarna merah, sebagai simbol kemurnian dan cinta. Perayaan Hari Ibu di Jepang hampir bersamaan dengan perayaan Hari Ibu di Amerika Serikat, Australia, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Malaysia, Singapura, Taiwan, dan Hong Kong.

5. Hari Ibu di Mexico


www.cnnindonesia.com

Hari Ibu di Meksiko jatuh pada tanggal 10 Mei. Di negara ini hari ibu dirayakan dengan orang-orang yang memakai baju-baju berwarna meriah. Gereja-gereja juga akan membuat acara khusus untuk para Ibu, gereja-gereja tersebut akan memasak makanan tradisional tamales dan atole untuk diberikan pada ibu-ibu di sekitar gereja. Dan beberapa sekolah akan mengadakan acara khusus dimana anak-anak akan bernyanyi dan membuat pentas drama untuk ibu mereka.

Sementara Di Indonesia sendiri peringatan hari ibu sering diisi dengan ucapan-ucapan manis dari anak kepada sang ibu. Masing-masing orang mengungkapkan cintanya kepada Ibu mereka dengan berbagai cara. Ada yang memberi kejutan, memberi hadiah berupa cokelat, ada yang mengucapkan selamat diiringi doa, ada juga yang mengucapkan selamat di media sosial. Jadi perayaan Hari Ibu di Indonesia lebih bersifat personal, tidak ada perayaan khusus yang dilakukan secara masal. 

Votes


5


6

minkimo90

http://minkimo.com | firlyanugrahputri@gmail.com