Agregator.com

MOTIVASI

5 Meditasi Sederhana yang Bisa Kamu Lakukan Ditengah Kesibukan Kerja

Sulit melakukan meditasi ditempat sempit dan ramai seperti kantor? Tidak lagi seperti itu jika kamu bisa mengikuti trik-trik meditasi ini.

Penat dengan aktifitas kantor bisa disebabkan karena berbagai hal, mulai dari rutinitas pekerjaan yang padat dan itu-itu saja serta suasana kantor yang tak menyenangkan. Rasa penat ini seringkali mengganggu produktifitas dalam bekerja, sebab terkadang rasa penat ini berubah menjadi bosan, walhasil rentetan tugas yang mestinya selesai kini menjadi pekerjaan rumah.

Terbayang kan duduk berlama-lama setiap hari mengerjakan hal yang itu itu saja? Untuk mengembalikan semangat bekerja terkadang kita memerlukan sesuatu yang baru dan menyegarkan. Tak perlu mencari hal-hal yang unik, cukup lakukan meditasi saja agar pikiran kembali segar. Sulit melakukan meditasi ditempat sempit dan ramai seperti kantor? Tidak lagi seperti itu jika kamu bisa mengikuti trik-trik meditasi ini.


Memejamkan mata selama 10 menit diruangan yang sepi akan membuat kamu lebih tenang dan fokus, ruangan meeting bisa jadi tempat yang tepat karena biasanya 30menit sebelum digunakan ruangan ini sudah bersih dan rapih.

Meditasi Sebelum Memulai Meeting

Meditasi memang identik dengan suasana yang sepi dan waktu yang luang. Namun apa jadinya jika kita adalah seorang yang sibuk dengan jadwal meeting yang padat. Tentu saja kita tetap bisa mensiasatinya. Datang lebih awal pada meeting dan luangkan 10 menit sebelum rapat kerja, hal ini akan membuat kita lebih konsentrasi dan mampu untuk menyerap informasi baru dengan lebih baik. Melakukan meditasi singkat di kantor atau bahkan meditasi kolektif pada awal pertemuan akan memastikan informasi yang disampaikan akan lebih mudah kita pahami dan kita ingat.

Tinggalkan gadget saat makan siang, ubah dengan menikmati sendiri santapan siang sembari merenungi apa yang saja yang telah kamu lakukan sedari pagi, ini juga jadi salah satu bentuk meditasi.

Makan Siang Dengan Penuh Ketenangan

Meditasi itu ternyata tidak selalu identik dengan memejamkan mata sembari duduk bersila loh guys. Karena saat makan siang dengan mata terbuka pun kita bisa sembari bermeditasi. Jika selama ini waktu makan siang seringkali kita habiskan dengan keluar kantor, makan siang bersama teman-teman, lalu sibuk bergosip sembari makan. Maka kali ini lakukanlah dengan berbeda. Cobalah untuk memilih makan siang seorang diri, mematikan alat komunikasi, dan fokuslah pada makanan yang kita makan dengan pikiran yang tenang. Sesekali lemparkan pandanganmu pada sekeliling, kalau bisa pilih tempat makan yang tenang dan hijau, karena hal ini akan membantu merefresh fisik dan jiwa kita.

Meditasi tak harus selalu dilakukan dengan menyendiri dan berdiam diri, tertawa juga bisa jadi bentuk meditasi lain yang akan membuat pikiranmu segar kembali.

Meditasi Tawa, Maka Tertawalah Dengan Bebas

Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang. Begitulah jargon film komedi yang legendaris di Indonesia. Tapi ternyata itu memang tak hanya sekedar jargon saja, karena tertawa nyatanya memang menjadi salah satu alternatif yang bisa kita lakukan untuk menyegarkan pikiran. Meditasi melalui tertawa ini banyak mendatangkan manfaat yang baik. Mulai dari stress yang berkurang, dan energi positif yang didapatkan dari tertawa. Jadi, saat kesibukan menerpa dan kita tidak sempat bermeditasi konvensional, kita bisa melakukan meditasi melalui tertawa, melalui cerita lucu, dan jangan pernah menahan tawa.

Menyetir sambil meditasi tentu berbahaya, namun tidak jika kamu melakukannya dengan membayangkan alur jalan yang akan dilalui, sesekali ambil nafas panjang untuk menyegarkan pikiran.

Meditasi Sembari Menyetir

Saat kesibukan dan mobilitas kita semakin meningkat, kita akan sangat kesulitan meluangkan waktu untuk bermeditasi secara konvensional di ruangan yang tenang. Nah, kalau kita memang sering bepergian dan kehabisan waktu di jalan, tak ada salahnya kita mencoba sebuah meditasi sederhana yang dapat dilakukan saat kita menyetir mobil. Misalnya saja saat terjebak kemacetan, kita pasti akan cenderung emosi dan labil, terlebih jika kita sudah hampir terlambat. Jadi, ada baiknya kita menenangkan diri dengan berfokus pada genggaman kemudi, cobalah memikirkan alur perjalanan yang akan dilalui, sambil mengatur nafas dengan tenang. Hal semacam itu tak hanya akan membuat kita tenang, melainkan kita akan lebih fokus pada perjalanan kita.

Inti dari meditasi adalah ketenangan pikiran, ketika mengerjakan apapun coba lakukan dengan tenang tidak terburu-buru, dijamin kamu akan menikmati setiap proses kerja yang tengah dilakukan.

Membersihkan Rumah Bisa Jadi Alternatif Meditasi Yang Bermanfaat

Inti dari sebuah meditasi adalah ketenangan pikiran. Jadi, sesibuk apapun kita, kita harus bisa mensiasati apa yang kita lakukan agar memperoleh ketenangan dalam mengerjakannya. Termasuk juga saat kita membersihkan rumah, menyapu lantai, mencuci piring, bahkan beberapa hal ini memerlukan sebuah fokus yang baik. Semisalnya saja saat mencuci piring, ada koordinasi yang terjadi antara indera kita. Oleh karena itu, fokuskan semua perhatianmu pada setiap indera yang ada, mulai dari kulit tangan, mata, dan gerak kita. Jika dilakukan dengan benar, pasti selesai mengerjakannya kita akan lebih fresh.

BACA JUGA:

Inilah Alasan Kenapa Kerja Diluar Kantor Membuat Karyawan Lebih Produktif

7 Tipe Pekerja Kantoran, Termasuk yang Manakah Kamu ?

Gadispagi

http://www.gadispagi.blogspot.com | [email protected]

Widget


Code

<iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0;" src="http://daihatsu.co.id/kokgituya/widget" scrolling="yes"></iframe>