Agregator.com

MOTIVASI

5 Rahasia yang Bikin Persahabatanmu Awet Sampai Tua

Boleh saja kamu memberikan saran kepada sahabatmu, namun kamu juga harus mengharagai keputusan yang ia ambil. Itu merupakan sisi lain yang dibutuhkan untuk memelihara sebuah jalinan persahabatan.

Memiliki "genk" sahabat yang beranggotakan teman seumuran dan saling seru - seruan bareng tentunya mengasyikkan. Apalagi jika " genk " tersebut  sudah terbentuk dari masa kamu sekolah dan masih awet sampai kamu berusia dewasa. Jika dulu kalian masih satu sekolah, tentunya wajar jika kalian selalu bersama - sama dan melakukan aktivitas bersama, namun jika kalian sudah terpisah tempat dan memiliki aktivitas yang berbeda tapi masih menyisakan quality time bersama sahabat, tentunya itu merupakan friendship goal banget bukan ?

Faktanya tak banyak loh diluar sana yang bisa memiliki "genk" awet hingga puluhan tahun. Banyak diantara mereka yang setelah lulus sekolah atau kuliah sudah jarang berkumpul bersama sahabat - sahabatnya. Ada pula yang "bubar" hanya karena konflik antar sahabat ataupun kesalah pahaman kecil. Memang tak mudah menjalin hubungan persahabatan hingga puluhan  tahun lamanya, banyak perbedaan dan pendapat didalamnya yang sering memicu konflik. Tapi jika kamu dan sahabat sahabatmu mampu melewati semua itu, bisa dipastikan kalian adalah sahabat sejati. Dan inilah 5 faktor yang bisa membuat "genk" persahabatanmu  tetap eksis hingga kini.

1. Kamu dan sahabatmu tahu bahwa seiring dengan berjalannya waktu bisa merubah sikap dan sifat seseorang, namun kamu ataupun sahabatmu tak mempermasalahkan bahkan bisa menerima dengan baik perubahaan yang terjadi. 

www.pexels.com

Bersikap saling mempedulikan, memahami dan saling mendukung satu sama lain dalam berbagai hal adalah salah satu wujud pengertian dalam pertemanan. Itu merupakan salah satu cara paling ampuh agar hubungan pertemanan kamu bertahan lama. Tanpa adanya rasa pengertian, kamu akan kesulitan untuk menerima perubahan sifat maupun perilaku sahabat kamu sendiri. Karena dalam sebuah kelompok yang terdiri dari beberapa orang akan ada banyak sifat yang berbeda-beda. Tidak menutup kemungkinan apabila setiap orang memiliki perubahan sikap seiring berjalannya waktu. Jadi alangkah lebih baik jika kamu bisa menyikapi perubahan yang terjadi pada sahabat dengan baik dan bisa menerimanya pula. 

2. Jangan hanya karena kamu ataupun sahabatmu sudah memiliki kesibukan masing - masing membuat kalian jarang komunikasi. Tetap jagalah komunikasi kalian yang bisa memepererat hubungan persahabatan.

www.pexels.com

Menjalin komunikasi dengan baik sesama sahabat sangat dibutuhkan dalam sebuah persahabatan. Dengan komunikasi, kamu juga bisa memahami apa yang diinginkan sahabat begitu juga sebaliknya sahabatmu akan tau keinginan kamu. Jangan biarkan sahabatmu merasa salah paham atau bahkan tersinggung dengan berbagai macam ucapanmu. Seringlah membangun komunikasi dengan ngobrol bersama sahabatmu, baik yang penting maupun tidak penting. Dengan menjalin komunikasi yang baik frekuensi keributan antar kamu da sahabat pun akan semakin berkurang.

3. Bukan hanya percintaan saja yang membutuhkan komitmen saling ada satu sama lain, dunia persahabatan juga membutuhkan komitmen agar awet hingga puluhan tahun.

www.ruangperempuan.com

Selain komunikasi, komitmen juga dibutuhkan dalam sebuah persahabatan yang langgeng. Semuanya akan sia-sia apabila kamu hanya berharap persahabatanmu bisa bertahan lama tanpa adanya komitmen yang kuat satu sama lain untuk menjaga persahabatan kalian. Sebab komitmen adalah sebuah landasan dalam hubungan persahabatan bukan hanya dalam hubungan percintaan. Apabila kamu dan para sahabat sudah memiliki komitmen yang kuat untuk menjaga persahabatan kalian. Berbagai macam permasalahan yang muncul bisa kalian taklukan dengan mudah, dan persahabatan kalian akan berjalan lebih awet.

4. Banyak kasus yang memicu konflik antar sahabat adalah jika mereka melakukan kesalahan kepada sahabatnya, mereka jarang meminta maaf.  Girls, kamu nggak perlu malu untuk minta maaf kepada sahabatmu sendiri jika berbuat salah.

www.printest.com

Kejujuran dan permintaan maaf adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dalam membangun persahabatan. Apabila  beberapa individu sudah bisa saling terbuka satu sama lain dan tidak gengsi dalam mengakui kesalahan yang pernah dibuat, hingga mampu saling memaafkan, itu semua merupakan wujud kasih sayang yang tulus dari sahabat.  Tidak ada satu orang pun yang sempurna di dunia ini. Jadi jangan takut minta maaf jika berbuat salah. Sebaliknya, jika sahabat yang bersalah, maafkanlah dia. Dengan begitu, kamu dan sahabat akan semakin terhubung dalam ikatan persahabatan yang kuat

5. Boleh saja kamu memberikan saran kepada sahabatmu, namun kamu juga harus mengharagai keputusan yang ia ambil  merupakan sisi lain yang dibutuhkan untuk memelihara sebuah jalinan persahabatan.


www.pexels.com

Dalam hubungan persahabatan jangan pernah kamu berusaha mengontrol seorang sahabat, meskipun hubungan pertemanan sudah sangat dekat. Boleh saja kamu memberikan saran kepada sahabatmu, tapi bukan berarti kamu memiliki kontrol atas dirinya dan kamu marah jika sahabatmu tak mengikuti saranmu. Berikan kebebasan tumbuh di dalam persahabatan kalian,  hargai setiap keputusan yang diambil sahabat, mungkin itulah yang terbaik buat dia. Selain menghargai pilihannya, membangun persahabatan adalah berusaha untuk membantu sahabat untuk melakukan berbagai hal yang positif. Apabila kamu ada untuknya, sahabatmu pasti akan melakukan hal serupa.

BACA JUGA :

Mencari Teman itu Mudah, namun Untuk Menemukan Sahabat Sejati Mungkin Hanya Ada 1 Diantara 1000

9 Tanda Ini Sudah Cukup Mengisyaratkan Bahwa Dia adalah Sahabat yang Nyata

Votes


5


7

minkimo90

http://minkimo.com | firlyanugrahputri@gmail.com

Widget


Code

<iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0;" src="http://daihatsu.co.id/kokgituya/widget" scrolling="yes"></iframe>