Agregator.com

MOTIVASI

Bos, Lakukanlah 5 Hal Ini Agar Karyawan Tetap Produktif Selama Dikantor

Ada beberapa faktor yang menyebabkan produktifitas mereka merosot, salah satunya dipengaruhi oleh faktor kebahagiaan dalam diri seorang karyawan.

Membawahi beberapa karyawan tentunya bukanlah hal yang mudah, terlebih lagi dengan sifat dan pola pikir yang berbeda - beda.  Begitu juga dengan meningkatkan produktivitas serta menjaga semangat kerja mereka agar tetap memenuhi target perusahaan. Tentu kita tak mau jika target perusahaan selalu menurun dikarenakan semangat kerja karyawan yang menurun. 

Ada beberapa faktor yang menyebabkan produktifitas mereka merosot, salah satunya dipengaruhi oleh faktor kebahagiaan dalam diri seorang karyawan. Logikanya adalah, jika mereka bahagia maka dengan otomatis kinerja nya akan melesat tajam dan produktifitas juga meningkat. Maka, untuk menciptakan karyawan yang bahagia dan membuat mereka merasa pekerjaan ini adalah bagian dari hidupnya, visi dan misinya, kamu bisa melakukan 5 langkah berikut ini. 

1. Produkifitas berawal dari ruangan yang menyenangkan dan nyaman, maka rubah desain kantor yang kaku menjadi desain yang fleksibel bisa menjadi pilihan. 

www.dbo.co.id

Salah satu hal yang dapat mempengaruhi dan meningkatkan kinerja seseorang tentunya adalah suasana kerja yang nyaman dan tak menjemukan. Banyak sekali kasus dimana orang lebih suka menghabiskan waktu berjam - jam bekerja diluar kantor seperti cafe dibanding didalam kantor. Hal ini bukan untuk sekedar mejeng atau mencari wifi gratis, tapi karena mereka mencari suasana yang dapat mendukung dalam mencari inspirasi. Maka dari itu, jika ingin karyawan tetap produktif, rubahlah ruangan kerja jadi senyaman mungkin.

2. Ciptakanlah suasana yang positif di lingkungan kerja, positif dalam pikiran maupun perkataan. 

www.pexels.com

Tak hanya desain kantor yang harus ber-aura positif untuk para karyawan, tapi buatlah budaya positif didalam kantor seperti perkataan dan pikiran yang positif. Kita tahu bahwa untuk menghasilkan hasil kerja yang maksimal dimulai dari pikiran dan tindakan yang positif. Budayakan hal - hal positif ini mengalir dalam diri karyawan. Buatlah mereka selalu memandang positif setiap permasalahan yang akan dihadapi selama masa kerja agar semangat kerja tetap terjaga. 

3. Berilah keseimbangan antara pekerjaan yang ditugaskan dan gaji yang diberikan.

www.sindonews.com

Rasanya tidak adil jika sebagai seorang atasan memberikan segudang tugas dan deadline yang harus dikejar demi memajukan perusahaan sedangkan gaji yang diberikan kepada bawahan pas - pasan. Hargailah kinerja mereka dan berikanlah gaji yang seimbang dengan apa yang sudah seharusnya menjadi haknya, karena finansial juga salah satu faktor yang membuat mereka semangat bekerja. Jika memungkinkan, berilah tambahan jika mereka melakukan kerja lembur dihari libur atau malam hari, dan bonus ketika mereka sudah mencapai target yang diinginkan. 

4. Tidak membuat batasan antara bos dan karyawan, dan ciptakan suasana kekeluargaan didalam kantor. 

www,beritagar.co.id

Komunikasi yang tetap terjalin antara atasan dengan bawahan akan menciptakan suasana yang hangat dalam lingkungan kerja. Luangkanlah waktu untuk pergi bersama dengan para karyawan seperti merayakan pesta kecil - kecilan jika pekerjaan mencapai target yang diharapkan. Dengan begitu sebagai atasan kamu bisa lebih mengenal karyawanmu dan bisa mengetahui apa yang mereka rasakan selama bekerja untukmu. 

5. Selalu ajak karyawan diskusi dan terbuka dengan ide  - ide mereka. 

www.theonion.com

Terbukalah dan hargai pendapat atau ide dari karyawanmu, jika ide tersebut kurang sesuai, maka kalian bisa diskusikan bersama. Dengan begitu mereka akan merasa dihargai dan bersemangat untuk terus mencoba dan menunjukkan kinerja yang lebih baik . Karena pada dasarnya setiap manusia ingin dihargai dan diakui keberadaanya. Maka jadilah atasan yang bisa menghargai setiap karyawan yang bekerja untukmu.

BACA JUGA :

7 Tanda Kamu Layak Menjadi Seorang Pemimpin

Lakukan 5 Hal Ini Saat Kamu Mulai Tak Fokus Bekerja

Votes


7


9

kokgituyadotcom

[email protected]

Widget


Code

<iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0;" src="http://daihatsu.co.id/kokgituya/widget" scrolling="yes"></iframe>