Agregator.com

MOTIVASI

Ini 5 Cara yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Menanggapi Kritik Dari Atasan

Memang akan terasa terbebani jika memiliki atasan yang banyak permintaan dan kritikan, namun kamu bisa menanggapinya dengan 5 cara berikut agar kamu memiliki mental yang kuat dan juga meningkatkan produktifitasmu dalam bekerja.

Perjalanan karir itu seperti mendaki gunung, selalu banyak batu terjal berupa rintangan untuk sampai kepuncak. Salah satu batu terjal tersebut adalah kritik pedas dari si bos, entah itu menyoal kedisiplian maupun pencapaian yang kurang memuaskan. Benar memang, kritik itu bisa membangun dirimu jadi pribadi yang lebih baik, tapi yakin masih bisa fokus kerja kalau hari diliputi emosi dan sakit hati? Hanya kesabaran mungkin yang bisa membuatmu bertahan dalam posisi ini.

Tapi, jika kamu bersedia merenungi setiap cibiran dan teguran yang datang dari si bos, kamu bisa menemukan sisi positif dari itu semua. So, jangan mudah menyerah hanya karena makian dan cibiran si bos, tanggapi saja semuanya dengan 5 cara ini, yakin deh mentalmu akan terus menguat dan bahagia datang menyapa.

1. Kalau bosmu sering menyindir sebagai bentuk kritikan, anggap saja itu bentuk rasa sayang karena dia ingin kamu berubah menjadi karyawan yang lebih baik.

www.clear.co.id

Jika dihina saja membuatmu patah hati, mungkin kamu tidak cocok menjadi seorang karyawan. Kritikan yang datang dari atasan tak melulu sinyal ia ingin menjatuhkanmu, tapi karena ia berpikir pekerjaannu perlu peningkatan. Cobalah untuk selalu melihat keadaan dari sisi positifnya, dengan begitu kamu bisa menerima kritik tanpa merasa dikucilkan atau diremehkan.

2. Jika sebelumnya kamu merasa risih, maka kali ini cobalah untuk mendengarkan dengan baik nasihat yang atasanmu berikan dan tanyakanlah jika kamu masih kurang mengerti. 

www.pexels.com

Jika nyatanya evaluasi kerjamu dibawah standar dan si bos langsung mendaratkan teguran pedas ini sinyal kamu harus segera berbenah. Mungkin kamu perlu berbincang soal target target yang mesti dicapai dan kesulitan yang kini tengah dihadapi. Dengan begitu bos akan paham soal penyebab performamu yang menurut. Soal kritik? Anggap saja itu pecut yang memaksamu berlari kencang.

3. Memasang mimik marah dan kecewa tak akan membuat kritikan menghilang. Sebagai seorang profesional mestinya kamu legowo dengan hasil evaluasi yang ada, memang nyatanya kamu belum mencapai target yang diinginkan.

www.detik.com

Menunjukan wajah cemberut terlebih mengumpat setelah mendapat kritik pedas adalah ciri seroang pecundang. Sikap ini justru membuatmu terlihat tak profesional. Mestinya setelah kritikan datang diri lebih termotivasi untuk melakukan yang lebih baik lagi. Saat hal ini berhasil kamu lakukan kepercayaan diri lagi dan semangatmu akan terus berkembang. 

4. Jangan hanya terpaku pada sakitnya saat dikritik saja, tapi pikirkanlah strategi dan caramu untuk mengembangkan diri dalam bekerja.



www.pexels.com

Jangan biarkan kritik membuat kamu jadi sosok yang rendah diri. Mulailah dengan mencari tahu cara meningkatkan performa kerja. Temuilah orang di dalam perusahaan atau divisi yang memiliki tugas yang sama atau ambil kursus diluar jam kerja yang bisa membantu diri mengembangkan kemampuan.

5. Ambilah kritikan yang bernilai positif, dan abaikan kritikan pedas yang hanya bertujuan menjatuhkan dirimu saja. 



www.pexels.com

Kadang kritik tidak hanya bersifat membangun, tapi juga bisa menjatuhkan. Jika kritikan yang datang dirasa hanya menghakimi, sebaiknya tak perlu terlalu serius. Mungkin atasanmu adalah tipe orang yang perfeksionis, sehingga sehingga sangat peka dengan hal-hal detail yang mungkin menurutmu tidak penting. Kamu bisa mulai berkonsultasi pada senior yang kamu percaya untuk menghadapi sikap atasanmu tersebut.

BACA JUGA :

Jangan Emosi, Tapi Beginilah Caranya Kamu Menyikapi Saat Kritikan Datang Bertubi-tubi

Tak Pernah Terlambat Untuk Sukses Jika Kamu Mau Melakukan 7 Perubahan Ini

Votes


9


9

minkimo90

http://minkimo.com | firlyanugrahputri@gmail.com

Widget


Code

<iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0;" src="http://daihatsu.co.id/kokgituya/widget" scrolling="yes"></iframe>