Agregator.com

OTOMOTIF

10 Tips Menjual Mobil Bekas Secara Online

Banyak keuntungan yang akan didapat jika kita menjual mobil secara online bila dibandingkan menitipkannya di-dealer mobil terdekat.

Daihatsu.co.id

Banyak orang yang berniat untuk menjual mobilnya dengan berbagai alasan, seperti ingin mempunyai model mobil terbaru, kebutuhan dana, ingin mengganti mobil yang berkapasitas lebih besar, dan masih banyak lagi. 

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah menjual mobil secara online. Banyak keuntungan jika kita menjual secara online bila dibandingkan menitipkannya di-dealer mobil terdekat. Praktis ada komisi sekian persen dari hasil penjualan yang harus kamu bagi pada pemilik showroom.

Selain itu, ketika menjualnya secara online, kemungkinan besar pembeli merupakan orang yang memang ingin memakainya dan bukan penjual mobil bekas. Sehingga harga yang kamu tawarkan bisa lebih tinggi dibandingkan menjualnya kepada dealer.

Apalagi hal ini dilakukan tidak terlalu sulit, Berikut ini adalah tips dan trik agar mobil bekas kamu laku keras di pasaran via online:

1. Jual Ditempat yang Tepat

Sekarang banyak situs jual mobil bekas yang kamu bisa gunakan saat menjual mobil kamu. Pilihlah yang paling nyaman saat melakukan transaksi, satu lagi yang terpenting traffic dari situs onlie tersebut apakah memang banyak dikunjungi oleh orang yang berburu mobil bekas.

2. Cek Kondisi Mobil Kamu

Sebelum menjual mobil, lebih baik periksa semua kondisi. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari adanya kerusakan atau kekurangan yang terlewatkan. Mungkin bisa juga mesin, cat mobil, kinerja mobil, kaca, dan lain sebagainya.

Jika memang ada hal yang perlu diperbarui atau diganti, sebaiknya gantilah terlebih dahulu. Ini dilakukan agar calon pembeli semakin senang dan tak perlu repot lagi untuk mengganti. Terlebih lagi, mereka tidak akan melakukan komplain pada jika ada kerusakan pasca membeli mobil. 

3 Cek Harga di Pasaran

Sebelum menentukan harga lebih baik kamu mengecek harga pasaran mobil bekas yang ingin kamu jual. Kamu bisa lakukan melalui internet, koran, majalah, dan lain sebagainya. Ini berguna agar kamu tidak mematok harga yang terlalu tinggi atau terlalu rendah.

4. Bersihkan Mobil Secara Keseluruhan

Agar mobil yang akan dijual menarik minat para calon pembeli, penampilan mobil pun harus dibuat sebersih mungkin. Mobil yang bersih luar dalam akan memberikan kesan yang baik yang menandakan bahwa mobil tersebut mendapat perawatan yang semestinya dari pemiliknya. 

5. Upload foto terbaik

Upload foto terbaik dari mobil yang ingin dijual, tentu saja agar lebih menarik perhatian calon pembeli. Tentunya dengan foto yang bagus membuat first impression pembeli juga langsung tertarik dengan mobil kamu.

6.Jelaskan Secara Lengkap Kondisi Mobil  

Ketika ada orang yang berminat terhadap mobil kamu berikanlah setiap informasi yang berkaitan dengan mobil kamu kepada pembeli, termasuk riwayat perawatan dan asuransi jika masih berlaku. Dengan pelayanan yang baik dan informasi yang jelas akan menimbulkan kepercayaan dari calon pembeli bahwa kamu orang yang jujur, dan dia akan semakin tertarik dengan mobil yang kamu tawarkan.

7. Dokumen Juga Harus Lengkap

Perlihatkan surat-surat atau dokumen mobil yang asli kepada calon pembeli, lakukan pengecekan bersama-sama terhadap nomor mesin dan nomor rangka di bagian bodi mobil. Bila surat lengkap maka penjual semakin nyaman untuk membeli mobil.

8. Berikan Tranksanksi Pembayaran Yang Nyaman

Setelah pembeli merasa cocok dengan mobil bekas yang kamu tawarkan dan sepakat untuk membelinya maka selanjutnya kamu tinggal mengatur cara pembayaran yang aman bagi kedua belah pihak. Untuk transaksi dalam jumlah besar sebaiknya lakukan dibank, dengan cara setor tunai ataupun transfer.

Jangan lupa untuk membuat bukti transaksi semacam kwitansi diatas materai, sebagai bukti sahnya proses jual beli mobil bekas yang kamu lakukan. Ini juga berguna untuk menghindari kekeliruan atau hal-hal yang diinginkan di kemudian hari.

9. Lakukan Pengecekan dan Tes Drive Mobil Secara langsung Dengan Sang Pembeli

Usai mendapatkan kontak pembeli, berbicara tentang pertemuan untuk bisa melihat kondisi mobil kita yang hendak kita jual. Usahakan test drive dengan pembelinya langsung agar kamu tidak merasa dibohongi oleh sang pembeli.

10. Lakukan sendiri

Sekali lagi jangan kamu jual melalui perantara, lebih baik kamu sendiri yang jual. Berikan nomormu langsung saat menjual mobil di situs online. Dengan demikian kamu tidak perlu memberikan pesangon kepada perantara.

BACA JUGA:

Jual Beli Mobil Lebih Mudah Dengan IcarAsia, Aplikasi Nomer 1 se ASEAN

Mau Beli Mobil Bekas, Perhatikan 5 Hal Ini

Votes


7


7

Aglar

http://Aglar.blogspot.com | [email protected]

Widget


Code

<iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0;" src="http://daihatsu.co.id/kokgituya/widget" scrolling="yes"></iframe>