Agregator.com

OTOMOTIF

3 Komponen yang Wajib Diperhatikan Dalam Merawat Mobil Matik Agar Lebih Tahan Lama

Selain usia pakai mobil yang lebih lama, perawatan yang tepat membuat mobil matik menjadi lebih terjamin dan performanya tetap oke saat beraksi di jalan.

www.daihatsu.co.id

Sebagian besar pengguna mobil matik, menganggap bahwa perawatannya sedikit lebih rumit dan lebih teliti dibanding dengan mobil manual. Bukan apa-apa, transporter kesayangan Sahabat Daihatsu seperti Terios, Xenia, Sirion dan lainnya, yang notabene bertransmisi otomatis sedikit khawatir akan hal itu. Padahal jika paham dan tepat perawatannya, usia pakai kendaraan bakal lebih lama ketimbang mobil manual sekalipun. 

Secara keseluruhan, perawatan mobil jenis ini tidak begitu berbeda dengan manual. Hanya saja, ada beberapa item yang butuh perhatian ekstra seperti perseneling, girboks hingga oli khusus. Selain usia pakai mobil yang lebih lama, perawatan yang tepat membuat mobil matik menjadi lebih terjamin dan performanya tetap oke saat beraksi di jalan.

Komponen matik yang krusial dan perlu perhatian khusus adalah girboks. Perangkat inilah yang menjadi prioritas dalam perawatan yang sesuai dengan prosedur, termasuk di dalamnya pelumas yang dibutuhkan, Automatic Transmission Fluid (ATF). Fungsinya tidak hanya melumasi, tapi lebih dari itu. Prinsip kerja hidraulis dalam girboks matik butuh ATF untuk mengatur pindah gigi dan kerja pelat kopeling.

Secara umum, perawatan oli transmisi (ATF) rata-rata mencapai hingga 20 ribu kilometer. Malah, bila pemakaian mobil matik wajar dan benar, justru akan lebih tahan lama lagi, untuk beberapa kasus bisa mencapai hingga 40 ribu kilometer. Sementara untuk jumlah (liter) tergantung dari masing-masing mobil bersangkutan. Jadi lakukan perawatan yang tepat dan ketahui karakteristik mobil matik kamu ya dan jangan lupa konsultasikan dengan teknisi langganan kamu. 

BACA JUGA :

Mau Belajar Nyetir? Sebaiknya Pakai Mobil Matik Dulu

Jaga Mesin Mobil Tetap Dingin dan Terhindar dari Overheat dengan Cara Berikut

Votes


6


9

kokgituyadotcom

[email protected]

Widget


Code

<iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0;" src="http://daihatsu.co.id/kokgituya/widget" scrolling="yes"></iframe>