Agregator.com

OTOMOTIF

4 Tips Merawat Ban Tubeless Agar Performa Tetap Bagus

Ban tubeless memang memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan ban biasa, namun untuk menunjang performa ban, cara merawat ban tubeless juga mesti kamu perhatikan.

www.daihatsu.co.id
Saat ini, kebanyakan mobil telah menggunakan ban yang kita kenal dengan ban tubeless. Ban tubeless adalah ban tanpa karet atau lebih tepatnya ban yang tidak menggunakan ban dalam sebagai komponennya. Ban tubeless memang memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan ban biasa, namun bukan berarti ban tubeless tidak memerlukan perawatan dalam penggunaannya. Dengan segala kelebihan yang dimiliki,  ban tubeless juga memerlukan perawatan khusus untuk menunjang performa kendaraan. Berikut adalah beberapa tips merawat ban tubeless kendaraanmu. 

1. Perhatikan tekanan angin.

Tekanan angin pada ban merupakan salah satu faktor penting dalam perawatan ban kendaraanmu. Saat ban kendaraan dalam keadaan panas, usahakan jangan mengurangi tekanan angin pada ban. Penyesuaian tekanan pada ban dapat dilakukan ketika ban kendaraan dalam keadaan dingin. Kamu perlu mengetahui tekanan angin yang baik bagi kendaraanmu, baik tekanan untuk ban depan maupun ban belakang. Tekanan angin yang berlebihan dapat menyebabkan ban terlepas dari velg kendaraan.

2. Periksa ban secara teliti.

Untuk mengetahui keadaan ban, kamu perlu melakukan pemeriksaan secara rutin pada ban kendaraan. Pemeriksaan dapat dilakukan pada permukaan dan bahu ban. Dengan begitu, kamu dapat mendeteksi jika terdapat kerusakan pada ban. Perlu diketahui, saat mencapai keausan minimum, ban kendaraan perlu diganti untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. 

3. Hindari jalan berlubang

Saat berkendara, tidak jarang kita menemukan jalan yang memiliki kondisi yang kurang baik, contohnya jalan berlubang. Untuk menjaga performa ban dan  juga kendaraanmu, usahakan untuk menghindari jalan-jalan berlubang. Namun, jika  tidak dapat menghindari jalan tersebut, maka kamu dapat melewatinya dengan menurunkan laju kendaraan dengan kecepatan minimum.

4. Hindari beban yang berlebih

Beban yang berlebih juga merupakan salah satu faktor penting dalam merawat kondisi ban maupun kendaraan. Saat berkendara, terutama saat melakukan perjalanan jauh atau saat mudik, banyak dari kita yang tidak peduli dengan beban yang dibawa pada kendaraan. Tidak hanya ban, komponen lain kendaraan juga dapat rusak bila beban yang dibawa melebihi kapasitas. Ketahui kapasitas muatan kendaraanmu dan usahakan jangan membawa beban melebihi kapasitas yang telah ditetapkan. 

BACA JUGA :

5 Cara Merawat Ban Mobil yang Mudah Diaplikasikan

Berkendara Lebih Aman? Rawat Ban Mobilmu dengan Cara Ini!

Votes


9


8

HT1705

http://https://herotimothy.wordpress.com/ | [email protected]

Widget


Code

<iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0;" src="http://daihatsu.co.id/kokgituya/widget" scrolling="yes"></iframe>