Agregator.com

OTOMOTIF

Fungsi Air Bag (Kantung Udara) pada Mobil yang Harus Kamu Tahu biar Aman saat Berkendara

Airbag akan mengembang dari setir (roda kemudi) atau dari dasbor beberapa milidetik setelah tabrakan sehingga kepala, leher, dan dada aman dari tabrakan.

daihatsu.co.id

Kantung udara atau lebih dikenal dengan airbag menjadi salah satu fitur penting saat mengendarai kendaraan. Fungsinya sangat krusial karena sebagai pelindung pengemudi dan penumpang saat terjadi kecelakaan. Umumnya, airbag akan mengembang dari setir (roda kemudi) atau dari dasbor beberapa milidetik setelah tabrakan (300 kilometer per jam) sehingga kepala, leher, dan dada aman dari tabrakan. Setelah ketika kepala pengemudi telah mengenai airbag, kantung udara itu akan mengempis secara perlahan sehingga memungkinkan pengemudi selamat keluar dari mobil. 

Sayangnya fungsi airbag tidak cukup, kamu juga harus menggunakan sabuk pengamanan karena itu sudah menjadi syarat wajib saat mengendarai mobil. Apalagi keberadaan airbag hanya untuk melindungi kepala pengemudi dari benturan saat terjadi tabrakan bukan mencegah pengemudi terlempar dari mobil. Jadi selain airbag, sabuk pengaman tetap diperlukan. Komponen ini bekerja berdasarkan perintah sensor untuk mengembang maka saat terdeteksi mengenai benturan, sensor pada mobil lantas mengirimkan sinyal ke modul kontrol yang akan membuat airbag mengembang. 

Di zaman sekarang terdapat berbagai macam airbag dan cara pengoperasiannnya pada mobil lama biasanya airbag hanya ada di depan mobil (di daerah zona kecelakaan), sedangkan pada model yang lebih baru, sensor langsung terpasang di pintu untuk mengaktifkan airbag samping. Sayangnya kebanyakan yang terjadi pemasangan airbag tidak sempurna karena airbag akan aktif saat mobil terkena benturan pada sudut tertentu. Terutama jika mengalami tabrakan frontal atau dari depan kanan dan kiri dengan sudut tidak lebih dari 30 derajat.

Aglar

http://Aglar.blogspot.com | [email protected]

Widget


Code

<iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0;" src="http://daihatsu.co.id/kokgituya/widget" scrolling="yes"></iframe>