Agregator.com

OTOMOTIF

Jaga Mesin Mobil Tetap Dingin dan Terhindar dari Overheat dengan Cara Berikut

Jika tidak diperhatikan dengan benar kendaraan bisa mengalami overheat pada bagian mesin, dan kalau itu sudah terjadi bisa menyebabkan kerusakaan pada komponen mesin lainnya. Tentu akan memakan banyak biaya untuk memperbaikinya.

www.daihatsu.co.id

Cuaca yang ekstrim seperti sekarang ini pastinya menuntut kita untuk melakukan perawatan lebih pada kendaraan, salah satunya bagian mesin mobil. Saat cuaca sedang panas terik misalnya, jika tidak diperhatikan dengan benar kendaraan bisa mengalami overheat pada bagian mesin, dan kalau itu sudah terjadi bisa menyebabkan kerusakaan pada komponen mesin lainnya. Tentu akan memakan banyak biaya untuk memperbaikinya. 

Sebelum hal itu terjadi, lakukan perawatan pada komponen berikut untuk menjaga agar mesin mobil tetap dalam kondisi dingin dan terhindari dari overheat.

1. Radiator

Radiator pada mobil berfungsi untuk menjaga mesin tetap dingin. Pastikan komponen ini berfungsi dengan baik. Lakukan pemeriksaan pada radiator setidaknya saat pergantian oli. Biasanya di beberapa mobil, kondisi radiator dapat dilihat oleh lampu indikator. Namun, bila hal tersebut tidak terdapat pada mobilmu, mintalah montir untuk mengeceknya.

2. Selang mesin

Selang yang biasa terdapat pada mesin biasanya bertahan hingga empat tahun. Namun dengan cuaca ekstrim belakangan ini, tidak ada salahnya bila kamu memeriksa selang mesin dan memastikan tidak ada kebocoran yang terjadi. Pemeriksaan dapat dilakukan secara visual atau membawanya ke bengkel mobil langganan untuk lebih memastikan kondisinya. Bila sudah terkelupas atau ada yang bocor, segeralah lakukan pergantian.

3. Oli

Oli juga merupakan komponen penting yang bertugas untuk menjaga kondisi mesin. Sangat mudah untuk melakukan pengecekan pada bagian ini. Cobalah untuk menarik tuas yang terdapat pada mesin yang biasa digunakan untuk mengukur dan melihat kondisi oli. Bila tuas pengukur menunjukkan warna dan ukuran oli yang kurang baik, lakukan pergantian pada oli mobilmu.

4. AC

Komponen mobil ini juga bisa mengindikasikan apakah mesin mengalami overheat atau tidak. Coba nyalakan AC mobil dan rasakan dinginnya. Bila memungkinkan, cobalah buka jendela saat menyalakan AC dan bandingkan udara luar dengan temperatur di dalam mobil. Bila AC tidak terlalu terasa dingin, ini tandanya kamu harus memeriksa kondisi mesin mobilmu.

5. Ban

Tak hanya pada komponen mesin saja, jika mobil mengalami overheat juga akan mempengaruhi tekanan angin ban. Cek tekanan ban pada mobil, jika tekanan angin berkurang, isi dan sesuaikan dengan tekanan angin ban yang terdapat pada buku petunjuk. Bila kondisi ban cukup parah, konsultasikan hal ini dengan montir untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

BACA JUGA :

6 Langkah Awal Mengatasi Mesin Mobil yang Overheat

4 Cara Sederhana Merawat Mesin Mobil

Votes


4


7

HT1705

http://https://herotimothy.wordpress.com/ | [email protected]

Widget


Code

<iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0;" src="http://daihatsu.co.id/kokgituya/widget" scrolling="yes"></iframe>