Agregator.com

OTOMOTIF

Jarang Disadari! Ini 9 Benda yang Bikin Cat Mobilmu Rusak

Banyak hal disekitar kita yang dapat merusak cat mobil kamu. Berikut ini ada 10 hal yang tanpa kita sadar sering merusak cat mobil.

Daihatsu.co.id

Menjaga cat mobil agar tetap terlihat baik tentunya akan menambah kepuasan tersendiri. Apalagi kondisi mobil sudah kotor lantara terkena hujan atau cipratan lumpur, biasanya kamu langsung melakukan pencucian mobil di tempat pelayanan pencucian mobil atau mencuci sendiri di rumah bukan?

Apalagi penampilan ekterior mobil mau tidak mau memang menjadi hal yang pertama dilihat oleh mata. Karena itu menjaga tampilan cat mobil agar selalu kinclong itu wajib hukumnya. Banyak hal disekitar kita yang dapat merusak cat mobil kamu. Berikut ini ada 10 hal yang tanpa kita sadar sering merusak cat mobil.

1. Aspal atau Kerikil di Jalan

Salah satu yang bisa merusak mobil adalah lontaran-lontaran kerikil yang bisa ditemui dijalanan yang rusak. Salah satu tandanya dengan kehadiran titik-titik putih. Biasanya ada di bagian depan atau juga kap mesin.  Salah satu cara paling mudah untuk menghindari kerusakan cat karena kerikil kamu harus menghindari jalan yang rusak.

2. Hujan

Hujan juga salah satu faktor apalagi sifat air hujan yang asam, akan membuatnya terkonsentrasi pada bodi. Disarankan setelah mobil terkena hujan, segera bilas dan cuci dengan air bersih. Jangan lupa gunakan lap kering dan halus agar tidak ada bekasi air yang mengering dengan sendiri. Bekas air ini seringkali meninggalkan jejak yang tak enak dipandang.

3. Serangga

Terkadang tanpa kita sadari ada serangga yang menempel di mobil. Tahukah kamu ada beberapa serangga yang ternyata dapat menghasilkan zat asam sehingga berpotensi merusak cat mobil? So jaga terus body mobil agar terhindar dari serangga berbahaya dengan rajin mengelapnya setiap pagi.

4. Menulis di body yang berdebu

Kamu sering iseng jika melihat ada mobil yang dilapisi debu tebal dan menulis menggunakan jari. Lebih baik hal itu jangan dilakukan lantaran dapat menimbulkan goresan pada cat mobil. Agar bisa menghindari debu menempel pada body, tentu saja rajin membersihkannya adalah jalan keluar terbaik.

5. Getah

Getah sering kita temui di mobil kamu apalagi kamu habis parkir di bawah pohon. Walau terlihat sepele, ternyata getah juga dapat merusak cat mobil. Gunakan pembersih lem atau pembersih cairan lengket untuk membersihkan getah yang menempel. Setelah itu, gunakan cairan pelindung cat.

6. Kopi

Tumpahan kopi atau soda tidak hanya membuat pakaian dan kulit jok mobil kamu rusak tapi bisa juga merusak cat mobil kamu. Apalagi kopi mengandung asam yang dapat merusak cat mobil.  Karena itu, begitu mobil terkena tumpahan kopi atau soda, segeralah bersihkan nodanya dengan air biasa.

7. Krim Cukur

Mungkin kamu pernah menggunakan krim pembersih atau sabun untuk bercukur atau bahkan lotion anti nyamuk, sehingga mengenai mobil. Cairan kimia itu jika tak segera dibersihkan akan membuat cat mengelupas. Untuk membersihkannya cukup disiram dengan air hingga bersih atau dengan campuran sampo mobil untuk kemudian dibilas dengan air bersih.

8. Kotoran Burung

Bila parkir di tempat terbuka, kejatuhan kotoran burung pada atap dan kap mesin mobil sudah biasa. Tapi jangan dibiarkan kotoran burung itu menempel dalam waktu lama, karena bisa merusak cat dan bahkan logam.  Untuk menghilangkannya jangan langsung dihapus dalam keadaan kering, tapi disiram dulu dengan air dan diusap dengan lap lembab agar cat tidak baret.

9. Penyiram Otomatis

Tempat parkir di sebelah taman memang terlihat indah, namun penyiram otomatis dapat menjadi bencana bagi cat mobil.  Mungkin berpikir air bukanlah masalah bagi cat mobil Anda, namun kombinasi air dan zat pada daun dapat meninggalkan noda yang sulit dibersihkan. Solusi terbaik adalah menjauhi mobil dari taman. 

BACA JUGA:

Tips Merawat Cat Mobil

10 Tips Merawat Cat Mobil

Aglar

http://Aglar.blogspot.com | [email protected]

Widget


Code

<iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0;" src="http://daihatsu.co.id/kokgituya/widget" scrolling="yes"></iframe>