Agregator.com

OTOMOTIF

Keuntungan Memilih Mobil dengan Fitur Airbag

Tanpa airbag sebagai bantalan, tubuh yang hanya ditahan oleh seatbelt berpotensi mengakibatkan cedera pada leher dan dada.

Daihatsu.co.id

Airbag salah satu fitur penting dalam berkendara. Komponen ini merupakan salah satu fitur keselamatan pada mobil untuk melindungi pengemudi dan penumpang saat terjadi kecelakaan. Sistem bekerja airbag adalah ketika terjadi tabrakan keras terdeteksi, sensor mobil langsung mengirimkan sinyal supaya airbag mengembang. Airbag akan mengembang melindungi daerah vital seperti kepala, leher, dan dada. Tanpa airbag sebagai bantalan, tubuh yang hanya ditahan oleh seatbelt berpotensi mengakibatkan cedera pada leher dan dada.

Biasanya airbag keluar dari setir/kemudi dan dashboard mobil. Ketika kepala anda mengenai airbag, airbag tersebut mulai mengempis secara perlahan, sehingga memungkinkan kamu untuk keluar dari mobil tersebut. Berikut keuntungan yang didapatkan dari airbag:

1. Penolong Pertama Saat Mengalami Kecelakaan

Fitur ini memiliki fungsi yang cukup vital sebagai penyelamat jiwa si pengemudi ketika terjadi kecelakaan baik yang parah maupun tidak. Umumnya, airbag akan mengembang dari setir (roda kemudi) atau dari dasbor beberapa milidetik setelah tabrakan (300 kilometer per jam). Nantinya, ketika kepala pengemudi telah mengenai airbag, kantung udara itu akan mengempis secara perlahan, sehingga memungkinkan pengemudi untuk keluar dari mobil. Namun, airbag saja belum cukup, pengemudi dan penumpang tetap diharuskan mengenakan sabuk pengaman.

2. Air Bag Kurangi Dampak Kematian

Mulai dari tahun 2006 penggunaan air bag tentunya membuat angka kematian saat kecelakaan mobil berkurang hingga 37 persen. Hal itu dinilai Air Bag sangat penting untuk keselamatan berkendara. Bahkan di olahraga sport mobil seperti nascar atau formula 1 kegunaan airbag sangat baik lantaran mengurangi resiko cedera untuk pebalap hampir sekitar 52 persen.

3. Menghemat Asuransi Kesehatan

Tentunya air bag akan mengurangi resiko kamu mendapatkan cedera lebih parah saat mengalami kecelakaan. Sehingga tak perlu lagi membayar hal-hal yang tidak diinginkan akibat kecelakaan tersebut. Pengeluaranpun bisa diminimalisir dan lebih hemat lantaran dampak luka yang ditimbulkan tidak terlalu parah akibar diselamatkan oleh air bag.

BACA JUGA:

Anti-lock Brake System dan Airbags, Mana Yang Lebih Perlu?

Dari Interior Rusak Hingga Kanker, Ini Bahaya Merokok Didalam Mobil

Votes


8


13

Aglar

http://Aglar.blogspot.com | [email protected]

Widget


Code

<iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0;" src="http://daihatsu.co.id/kokgituya/widget" scrolling="yes"></iframe>