Agregator.com

OTOMOTIF

Langkah-langkah Bikin Usia Power Window Makin Panjang

Ada berbagai cara agar perawatan power window maksimal. Perhatikan bagian mana saja dan pastikan fungsinya tetap optimal.

Melihat kaca jendela mobil naik-turunya lambat alias seret, ditambah bunyi mendecit, pasti tidak nyaman. Apalagi jika bagian kaca jendela yang bermasalah tepatnya ada di pintu pengemudi. Yang mana kaca jendela sebelah kanan sering buka-tutup ketika mau bayar parkir, bayar tol, berkomunikasi dengan orang di luar atau sekadar cari angin.

Tapi tidak usah khawatir. Kaca jendela seret masih bisa diatasi dengan langkah preventif, apalagi perbaikannya termasuk mudah. Sehingga motor pemutar kaca jendela yang gunakan system otomatis alias power window, kerjanya tidak terlalu berat dan membuat masa pakaianya jauh lebih panjang.

Kaca jendela seret atau berderit penyebabnya dari berbagai faktor. Biasanya, kaca menjadi seret karena di jalurnya telah menumpuk berbagai macam kotoran mulai dari kerikil, debu hingga oli. Meskipun sebenarnya hal tersebut terhitung wajar lantaran merupakan proses penggunaan mobil selama berjalan.

Makanya biar jalur kaca jendela tetap bersih, baiknya cuci mobil sesering mungkin agar debu tidak mudah bersarang. "Dan jika waktunya memungkinkan, jalur kaca bisa dicuci sendiri menggunakan sikat dan sabun cuci mobil. Tapi kalau jalur dudukan kaca sudah getas dan tidak lembut, sebaiknya ganti baru," ujar Mukmin, specialis servis power window di Pasar Segar Cinere, Depok.  

Lain hal jika kotoran di jalur kaca dibiarkan tetap bersarang atau tidak segera diganti. Maka komponen yang akan alami kerusakan paling parah selain kaca adalah motor power window. "Sebab kalau kaca, gesekan antara kotoran-kaca-jalur kaca akan membuat kaca baret," imbuh Mukmin yang biasa tangangi servis power window.

Sementara kalau motor power window yang seret pergerakannya, maka kaca akan menghasilkan beban tambahan. Dan pada gilirannya nanti akan membuat motor power window lebih cepat rusak. Padahal kerusakan power window yang wajar, biasanya dari motor (dinamo) atau dari kabel sling yang rusak.

Itu sebabnya, perawatan untuk menghindari kaca seret adalah langkah penting. Selain demi menjaga kenyamanan, juga membuat komponen yang terlibat dengan kaca menjadi awet.

Votes


2


2

kokgituyadotcom

[email protected]

Widget


Code

<iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0;" src="http://daihatsu.co.id/kokgituya/widget" scrolling="yes"></iframe>