Agregator.com

OTOMOTIF

Pentingnya Memeriksa Minyak di Master Rem Agar Tetap Awet dan Tahan Lama

Jangan abaikan komponen mobil satu ini, meski minyak rem didesain untuk jangka waktu yang lama, kamu tetap harus melakukan pemeriksaan secara berkala agar kondisi mobil tetap prima.

www.daihatsu.co.id

Meski bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama dan tidak pernah kelihatan sampai habis, tapi minyak pada master rem mobil tetap harus dijaga kualitasnya. Bahkan beberapa produsen mobil ada yang merekomendasikan untuk mengganti minyak rem mobil, meski ini tidak wajib tapi kamu tetap harus melakukan pemeriksaan secara berkala. 

Produsen mobil Daihatsu yang melansir Terios, Sirion, Grand Max, Xenia atau Sigra misalnya, tidak merekomendasikan untuk mengganti minyak rem, hanya menyarankan supaya Sahabat Daihatsu memeriksa minyak rem secara berkala dan selalu berkonsultasi kepada bengkel resmi terpercaya.

Pemilik kendaraan hanya disarankan memeriksa kondisi minyak rem, karena sistem rem didesain tertutup rapat, sehingga memungkinkan minyak rem dapat bertahan dan awet dalam kurun waktu lama. Meskipun kondisi udara di sekitar mobil yang lembab dapat mengakibatkan air masuk ke dalam sistem rem melalui selang atau bagian lain namun minyak rem ini bisa tetap awet. 

Biasanya dalam kurun waktu yang lama kelembapan dapat menyebabkan terjadinya korosi pada komponen, misalnya silinder master, dan selang rem. Selain itu, air juga dapat memicu turunnya titik didih minyak rem hingga membuat kualitas minyak rem menurun. Kualitas minyak rem sejatinya bisa diperiksa secara kasat mata. Jika masih bagus, minyak rem terlihat jernih berwarna sedikit kecoklatan. Tapi bisa berubah menjadi semakin gelap dan keruh akibat terkontaminasi seiring bertambahnya usia pakai.

Nah, jika kualitas minyak rem sudah menurun akibat terkontaminasi, Sahabat 'D' disarankan untuk konsultasi dengan mekanik di bengkel resmi. Apakah minyak rem perlu diganti atau tidak, agar rem mobil dapat berhenti dengan sempurna.

BACA JUGA :

Perlukah minyak rem diganti dengan yang baru?

6 Hal Penting yang Seharusnya Kamu Tahu Tentang Masalah pada Rem Mobil

Votes


5


13

kokgituyadotcom

[email protected]

Widget


Code

<iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0;" src="http://daihatsu.co.id/kokgituya/widget" scrolling="yes"></iframe>