Agregator.com

OTOMOTIF

Radiator Mobilmu Akan Tetap Seperti Baru, Jika Kamu Selalu Memperhatikan 5 Hal ini

Radiator merupakan salah satu bagian mobil amat penting yang berfungsi sebagai pendingin suhu mesin mobil

Cara kerja radiator sendiri didukung oleh tiga hal yaitu cairan pendingin, minyak pelumas dan udara

Radiator, untuk kamu yang belum paham masalah mobil mungkin kata ini masih terasa asing. Radiator merupakan salah satu bagian mobil amat penting yang berfungsi sebagai pendingin suhu mesin mobil. Cara kerja radiator sendiri didukung oleh tiga hal yaitu cairan pendingin, minyak pelumas dan udara. Ketiganya saling mendukung, karena itu ketika melakukan perawatan kita harus memperhatikan ketiga bagian tersebut. Adapun tiga bagian dari Radiator yang harus kamu cek dan rawat dengan baik adalah:


1. Bagian Luar atau Kisi-Kisi 

Yap, dari semua bagian tentu saja radiator luar adalah yang paling penting. Jagalah kebersihan radiator dibagian luar. Perlu diperhatikan juga dibagian luar radiator terdapat kisi-kisi yang beperan sebagai jalur keluar masuknya angin, so ketika jalur ini dipenuhi kotoran maka volume angin bisa terhambat yang pada akhirnya menyebabkan proses pendinginan tidak maskimal. Kabar baiknya, kita bisa membersihkan sendiri bagian ini yakni dengan menggunakan kuas halus dengan menekannya ringan, jangan terlalu bertenaga ketika membersihkannya karena dapat mengakibatkan kerusakan.

2. Bagian Dalam 

Nah, biasanya dibagian dalam ini kerusakan yang umum terjadi adalah pengkaratan, khususnya untuk mobil yang sudah berusia senja. Karat bisa menimbulkan hambatan pada pendingin atau bahkan bisa sampai melumpuhkan sistem sirkulasinya. Jika mobilmu masih tergolong baru, sebaiknya konsisten membersihkannya dengan melakukan pengurasan air minimal setahun sekali. Sementara jika yang kamu punya adalah mobil bekas sebaiknya serahkan saja kepada para mekanik untuk mencegah kerusakan lebih lanjut.

3. Selang

Bagian ini sering dilupakan oleh para pemilik mobil padahal menjadi penghubung utama antara mesin dan radiator. Selang, daya tahannya akan terus menurun karena suhu dan tekanan air yang tinggi. Sebaiknya langsung ganti selang jika ditemukan tanda-tanda kebocoran. Terlambat mengganti selang dapat memicu kenaikan suhu secara drastis dan menyebabkan mesin mobil mati seketika.

4. Tutup

Tutup radiator kadang sering disepelekan, mungkin karena keberadaannya yang amat kecil padahal punya peran sangat besar. Untuk mengecek tutup radiator masih dalam kondisi baik atau tidak perhatikan pegas dan karet penyekatnya, masih berfungsi baik atau tidak. Saat kedunya tak lagi berfungsi optimal maka temperatur mobil akan meningkat dan terlalu panas. Segera ganti tutup radiator jika sudah tidak terlihat kuat.

5. Pompa Oli

Ini juga mesti kita perhatikan dan cek secara berkala, sebab pompa oli sangat berperan dalam mendinginkan mesin. Jika ada yang tersumbat kemungkinan besar akan terjadi peningkatan suhu mesin mobil.

HabibieKenanAydin

http://habibieAydin01.wordpress.com | [email protected]

Widget


Code

<iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0;" src="http://daihatsu.co.id/kokgituya/widget" scrolling="yes"></iframe>