Agregator.com

OTOMOTIF

Sebelum Beli Mobil Baru Ketahui Beda 4 Jenis Mobil Ini

Munculah berbagai macam jenis mobil dan muncullah istilah-istilah baru untuk menamai tipe atau jenis mobil tersebut. Beberapa diantaranya adalah SUV, MVP, HatchBack, dan yang lumayan baru City Car. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan istilah-istilah itu dan apa perbedaanya?

Bila zaman dahulu kita mengenal empat tipe mobil saja yakni sedan, jeep, minbus dan pick up dimana keempaatnya didesain sesuai dengan kegunaannya masing-masing. Kini tipe mobi sudah berkembang jauh.

Perkembangan mobil pada dewasa ini cukup pesat dengan dukungan teknologi yang semakin memudahkan kita mengendalikan mobil. Revolusi ini memudahkan produsen untuk membuat mobil yang sesuai dengan keinginan konsumen. 

Ada konsumen yang butuh mobil setangguh Jeep tapi penampilan sedan. Ada juga yang membutuhkan minibus namun harus bisa digunakan sebagai pickup juga untuk menunjang usahaanya. 

Munculah berbagai macam jenis mobil dan muncullah istilah-istilah baru untuk menamai tipe atau jenis mobil tersebut. Beberapa diantaranya adalah SUV, MVP, HatchBack, dan yang lumayan baru City Car. Sebenarnya apa yang dimaksud dengan istilah-istilah itu dan apa perbedaanya?

1. SUV

http://www.efenerr.com/

Atau dikenal dengan Sport Utility Vehicle (SUV). Jenis mobil ini menurut fungsinya mampu melewati berbagai medan baik itu off road maupun on road dengan membawa muatan baik barang maupun penumpang. Intinya jenis mobil ini dituntut ketangguhan untuk mampu melampaui segala jenis medan. Kapasitas bagasinya cukup luas plus bisa menampung cukup banyak penumpang 7-8 penumpang. Satu keunggulan lainya juga nyaman untuk dikendarai.

Mungkin seperti gabungan Jeep, PickUp, dan Sedan. Desainnya memiliki ground clearance (jarak bodi mobil ke tanah) yang tinggi, fitur yang lengkap, suspensi yang kokoh namun lembut, eksterior-interior yang terlihat tangguh dan elegan, ukuran ban dan bodinya pun besar, serta memiliki mesin yang bertenaga besar untuk memudahkan mobil ini melewati segala medan.

2. MPV

Daihatsu.co.id

Atau bisa disebut Multi Purpose Vehicle (MPV) dimana fungsi utamanya mengangkut banyak penumpang atau di Indonesia bisa disebut mobil keluarga. Kelebihan mobil ini ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan mobil sedan. Selain itu memiliki kapasitas 7 tempat duduk ditambah pula terdapat banyak tempat untuk meletakkan barang-barang kecil. Namanya Multi pun juga bisa digunakan untuk membawa barang dengan cara melipat beberapa jok yang tidak digunakan.

3. City Car

Daihatsu.co.id

Jika diartikan berarti mobil perkotaan. Ya sepert namanya mobil ini hanya cocok untuk digunakan didalam lalu lintas dan medan yang terdapat di dalam kota.  Jenis mobil ini kebanyakan mobil kecil yang cocok digunakan dalam kondisi lalu lintas yang macet menuntut mobil bergerak dengan lincah sekaligus irit bbm.  City Car juga bisa dibawa untuk perjalanan jauh seperti keluar kota. Namun karena tidak didesain untuk itu, penumpang biasanya akan terasa pegal karena duduk terlalu lama dan mesinnya akan terasa cepat panas. 

4. HatchBack

Daihatsu.co.id

Mobil jenis berbasis sejenis sedan dengan bagian belakangnya lebih pendek. Gambaran mudahnya sih Hatchback itu sedan tanpa buntut. Tipe ini biasanya digunakan oleh mobil-mobil saat ini demi memperingkas desain namun tetap fungsional. Pintu bagasinya yang didesain dapat dibuka ke atas membuat memasukkan barang ke bagasi lebih mudah.  Namun kadang mobil jenis ini memiliki bagasi yang minim namun tetap bisa menjadi besar jika melipat bangku belakang. 

BACA JUGA:

Mau Beli Mobil Bekas, Perhatikan 5 Hal Ini

Tips Beli Mobil untuk Operasional Kantor

Votes


9


12

Aglar

http://Aglar.blogspot.com | [email protected]

Widget


Code

<iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0;" src="http://daihatsu.co.id/kokgituya/widget" scrolling="yes"></iframe>