Agregator.com

OTOMOTIF

Setelah Liburan Panjang, Cek Kaki-Kaki Mobil Untuk Kestabilan Kemudi

Jika kendaraan sering melewati medan atau jalan yang tidak bagus, ada baiknya lakukan kembali sporing dan balancing setiap roda.

Daihatsu.co.id

Setelah melakukan perjalanan jauh, seperti musim liburan, terkadang ada saja yang terasa berubah pada kondisi mobil. Apalagi pada bagian kaki-kaki. Maklum, medan yang dilewati juga tidak mudah, berkelak kelok juga tidak begitu mulus. Maka agar mobil Sahabat kembali stabil, sebaiknya segera lakukan wheel aligment atau penyetelan roda-roda mobil. 

Wheel aligment dilakukan untuk memastikan kestabilan mobil tetap terjaga. Mengingat ketika melakukan perjalanan jauh, terkadang kendaraan menghadapi berbagai kondisi berat seperti jalanan rusak atau berlubang.

Nah, untuk mendeteksi perubahan kondisi pada kaki-kaki, ada beberapa trik yang mesti diketahui pengemudi. Salah satunya jika setir mulai bergetar, terutama saat kendaraan dipacu di jalan lurus. Hal ini biasanya disebabkan karena posisi ban depan baik yang kanan dan kiri sudah tidak lurus, atau sedikit seperti berputar ke kiri atau kanan.

"Jika kendaraan sering melewati medan atau jalan yang tidak bagus, ada baiknya lakukan kembali sporing dan balancing setiap roda. Trik ini ditujukan agar mobil kembali nyaman dikendarai," jelas Jhon Welly dari Tifa Ban yang bermarkas di Meruya Ilir Raya, Jakarta Barat.

Lanjut Jhon, ada beberapa hal yang menyebabkan terjadinya perubahan pada sistem roda dan kaki-kaki. Salah satunya jika roda depan mengaalami benturan sangat keras pada lubang yang cukup besar seketika. "Tambah lagi jika beban kendaraan yang berlebih,". paparnya.

Makanya bagian part yang terpasang pada kaki-kaki sudah sepantasnya mendapatkan perhatian khusus. Diantaranya adalah tie-rod, ball-joint, laher roda, shock hingga lingkar roda itu sendiri. Tapi kamu juga harus terlebih dulu memahami komponen kaki-kaki, setidaknya jika ada sedikit kerusakan kamu tahu sumbernya darimana. Jika belum paham soal itu baca dulu saja artikel Yuks Mengenal dan Mengecek Sendiri Komponen Kaki Kaki Mobil ini.

BACA JUGA:

5 Sebab Mobil Goyang dan Tersendat Saat Dikendarai

5 Cara Merawat Mobil yang Jarang Digunakan dalam Waktu yang Lama

Votes


6


5

kokgituyadotcom

[email protected]

Widget


Code

<iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0;" src="http://daihatsu.co.id/kokgituya/widget" scrolling="yes"></iframe>