Agregator.com

OTOMOTIF

Tips Menghemat BBM saat Perjalanan Jauh

Perjalanan jauh dengan kendaraan pribadi harus memiliki perencanaan yang matang termasuk pemakaian BBM. Hal itu agar kamu tidak perlu sering-sering berhenti mencari pompa bensin di jalan.

Perjalanan ke luar kota menggunakan mobil pribadi tentunya lebih menyenangkan dibandingkan menggunakan transportasi umum. Selain bebas beristirahat kapan dan di mana saja, kamu juga punya banyak waktu untuk lebih dekat dengan keluarga selama perjalanan.


Namun, perjalanan ke luar kota dengan kendaraan pribadi harus memiliki perencanaan yang matang termasuk pemakaian BBM. Hal itu agar kamu tidak perlu sering-sering berhenti mencari pompa bensin di jalan. Simak dan ikuti tips menghemat BBM saat jalan ke luar kota berikut ini.


1. Survei Tempat Tujuan

Carilah jalan alternatif yang lebih dekat atau tidak kena macet sehingga jarak tempuh kendaraan bisa lebih pendek

Ada baiknya bila sebelum melakukan perjalanan jauh ke luar kota, kamu terlebih dahulu survei tempat tujuan dan bagaimana cara menuju ke sana. Carilah jalan alternatif yang lebih dekat atau tidak kena macet sehingga jarak tempuh kendaraan bisa lebih pendek yang tentunya dapat menghemat BBM. Selain itu, risiko kamu dan keluarga tersesat selama perjalanan menjadi lebih kecil.

2. Periksa Tekanan Ban secara Berkala

Sebelum melakuka perjalanan jauh ke luar kota, periksalah tekanan ban minimal lima menit

Semakin rendah tekanan ban maka semakin banyak bahan bakar yang diperlukan mobil untuk bergerak di jalan raya. Sebelum melakukan perjalan jauh ke luar kota, ada baiknya kamu sisihkan minimal lima menit untuk memeriksa tekanan ban.

3. Jangan Terlalu Lama Memanaskan Mobil

Memanaskan mobil sebelum digunakan cukup 5-10 menit saja.

Hilangkan kebiasaan memanaskan mesin mobil yang terlalu lama jika kamu ingin menghemat bensin selama perjalanan jauh. Memanaskan mesin mobil hanya perlu waktu paling lama 5-10 menit, bukan 15-30 menit sebelum berangkat. Selain itu, sebaiknya tidak menyalakan AC saat memanaskan mobil.


4. Matikan AC Mobil

Bijaklah dalam menggunakan AC mobil selama dalam perjalanan jauh ke luar kota

Di Indonesia yang beriklim tropis, penggunaan AC pada saat mengendarai mobil, baik dalam perjalanan dalam kota atau ke luar kota menjadi hal yang tidak terelakkan. Sebaiknya saat kamu menggunakan AC, atur temperatur AC di posisi sedang supaya temperatur kabin tidak terlalu dingin. Hal ini akan membantu menghemat penggunaan bahan bakar. 

4. Jangan Ngebut

Melaju dengan kecepatan tinggi (ngebut) juga membuat bensin kamu cepat habis

Selain berbahaya bagi keselamatan berkendara, melaju dengan kecepatan tinggi (ngebut) juga membuat bensin kamu cepat habis. Saat berkendara menggunakan mobil, jangan terlalu sering memijakkan kaki ke pedal gas terlalu dalam. Kamu mungkin ingin cepat sampai tujuan, tetapi cobalah nikmati kebersamaan dan pemandangan di sisi kanan-kiri jalan. Hal itu bisa membuatmu lebih rileks, tenang, selamat sampai tujuan, dan hemat BBM.

HabibieKenanAydin

http://habibieAydin01.wordpress.com | [email protected]

Widget


Code

<iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0;" src="http://daihatsu.co.id/kokgituya/widget" scrolling="yes"></iframe>