Agregator.com

OTOMOTIF

Usir Hewan Pengerat Saat Mobil Lama Ditinggal, Ini Caranya

Mobil kadang kerap ditinggal dalam tempo waktu lama di garasi. Berikut langkah agar mobil tetap aman tanpa gangguan hewan seperti tikus

Selain libur hari besar, libur panjang (long weekend) dari Kamis sampai Minggu kayaknya banyak sekali musim ini. Wajar kalau sebagian pemilik mobil memanfaatkannya waktu ini untuk liburan bersama kerabat, pacar atau keluarga. Meskipun ada juga yang memanfaatkan moda transportasi lain saat pergi plesiran.

Nah, buat Sahabat Daihatsu yang memanfaatkan moda transportasi lain, ada baiknya menyiapkan penyimpanan kendaraannya yang benar jika ingin ditinggal dalam jangka waktu lama. Baik itu di garasi model tertutup atau terbuka. Hal ini mesti dilakukan agar mobil dalam selalu 'pengawasan' dan tidak didatangi mahkluk tak diundang. Terutama hewan pengerat macam tikus.

Tikus biasanya mudah datang ke garasi yang jarang dikunjungi pemiliknya. Dan bahayanya jika sampai bersarang di mobil terutama di ruang mesin. Maklum ruang ini terdapat instalasi kabel kelistrikan, slang juga part lain yang mudah dirusak. Belum lagi kotorannya yang bau juga berbahaya bagi kesehatan.

Tapi tenang, binatang pengerat biasanya paling tidak suka tempat yang bersih juga wangi. Makanya sebelum tinggalkan mobil terlalu lama, ada baiknya perhatikan kondisi seputaran garasi itu sendiri. Seperti bersihkan kotoran atau barang-barang tak berguna, apalagi jika tidak menyimpan barang apapun di garasi.

Salain area di seputar garasi, kini giliran kendaraan Sahabat yang dibersihkan. Makanya jangan biarkan ruang mesin atau ruang manapun gelap-gulita juga dalam kondisi kotor. Oleh sebab itu, pastikan cuci bersih kendaraan terlebih dahulu sebelum ditinggal.

Membersihkan setiap bagian di ruang mesin secara detil akan sangat membantu. Kalau kesulitan menjangkau ruang sempit, gunakan kaos kaki membalut tangan. Sehingga bisa lebih menjangkau setiap bagian. Dengan ruang mesin yang bersih, tikus enggan untuk bersemayam di lokasi tersebut.

Nggak cuma sebatas bersih, ruang mesin akan semakin aman dari tikus jika ditambah dengan wewangian. Caranya dengan menyimpan kapur barus di ruang mesin, atau sebarkan ke beberapa bagian ruang penting dimana tikus mudah bersarang.

Tapi karena kendaraan selalu dalam keadaan diam, maka memanfaatkan kapur barus yang bisa digantung. Itu jauh lebih baik daripada yang berukuran kecil-kecil. Dan usahakan tidak  menyimpan di depan saluran udara masuk, terutama yang model buka-tutup juga mengarah ke kabin. Bisa-bisa Tikus malah bersarang di dalamnya.

Jelas kan...

Votes


1


1

kokgituyadotcom

[email protected]

Widget


Code

<iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0;" src="http://daihatsu.co.id/kokgituya/widget" scrolling="yes"></iframe>