Agregator.com

OTOMOTIF

Yuk Kenali Semir Ban yang Tepat dan Sesuai Kebutuhan Mobil Kamu

Sebelum kamu memilih jenis semir ban yang tepat untuk mobil kamu, ada baiknya simak dulu penjelasan berikut ini.

www.wikihow..com

Membersihkan dan menyemir ban adalah salah satu item merawat kendaraan yang tak boleh dilupakan. Meski dianggap sepele, tapi pada kenyataanya orang juga akan memperhatikan penampilan ban mobil kamu. Umumnya, sebagian pemilik mobil lebih sering meenggunakan cairan deterjen seperti ermasuk sampo mobil sekalipun dan dilanjutkan dengan semir ban agar terlihat mengkilap dan seperti baru. 

Ada beberapa jenis semir ban yang beredar di pasaran, mulai model cair, aerosol dan foam. Semir jenis foam belakangan menjadi pilihan favorit konsumen karena praktis dalam pengaplikasiannya karena para pemilik mobil tak perlu mengelap ataupun membilas ban dengan air. Meski foam lebih praktis, kamu juga harus tetap gunakan semir ban model aerosol, karena akan mebuat efek kilapnya lebih terlihat nyata.  

Apapun  jenis cairannya, yang perlu kamu ingat dalam memilih produk semir ban adalah material didalamnya. Pada dasarnya semua semir ban mengandung bahan silikon, dan ada 2 jenis silikon yang beredar dipasaran. Pertama, silikon yang mengandung zat kimia solvent. Saat di aplikasikan pada permukaan ban, silikon berbahan solvent ini memang tampak lebih mengkilap, tapi efeknya tidak bisa lama. Apabila digunakan secara intens, bisa mempercepat usia pakai ban itu sendiri. Getas serta retak pada dinding ban menjadi taruhannya.

Yang kedua adalah silikon yang mengandung water base. Sejumlah pabrikan car care banyak mengadopsi silikon berbasis water base, seperti Kit, Autoglym, 3M, Meguairs, TurtkeWax dan lainnya. Banderolnya beragam mulai dari Rp 25 ribu hingga Rp 100 ribuan per kemasan. Semir ban yang mengandung silikon berbasis water base ini menjadi produk ideal untu perawatan ban kamu. Selain menjaga performa ban, elastisitas karet juga lebih terjaga.

Nah mulai sekarang kamu harus lebih berhati-hati dalam memilih jenis semir ban, pahami dulu jenis dan bahannya agar kamu tak sampai sala pilih. Semoga bermanfaat !

BACA JUGA :

Cek Tekanan Angin Ban Secara Berkala Dengan 3 Langkah Ini

4 Tips Merawat Ban Tubeless Agar Performa Tetap Bagus

kokgituyadotcom

[email protected]

Widget


Code

<iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0;" src="http://daihatsu.co.id/kokgituya/widget" scrolling="yes"></iframe>