Agregator.com

TECHNOLOGY

5 Cara Mengatasi Masalah WiFi Ini Bisa Kamu Lakukan Sendiri

Tak perlu menjadi seorang ahli IT hanya untuk memperbaiki koneksi, cukup dengan 5 cara ini internetmu bakal kencang lagi

Wi-Fi memberikan kebebasan untuk menikmati jaringan internet tanpa terikat oleh koneksi hardwire. Ini adalah kenyamanan yang disajikan di era kecanggihan tekhnologi dan kebanyakan dari kita bahkan menganggap bahwa Wi-Fi lebih pada kebutuhan daripada kemewahan, sehingga banyak orang akan merasa frustasi ketika tidak bekerja sebagaimana mestinya karena Wi-Fi mengalami gangguan, berbagai cara pun dilakukan untuk mempercepat koneksi internet.

Seolah hidup saat ini tak lengkap dan hampa jika tak ada Wi-Fi atau internet. Untungnya, kamu tidak perlu menjadi seorang ahli IT untuk memperbaiki masalah yang paling umum terjadi pada Wi-Fi . Mulai dari Wi-Fi yang lambat, hingga Wi-Fi mati, berikut adalah 5 cara yang dapat kamu lakukan sendiri untuk mengatasinya.

1. Pastikan tombol Wi-Fi sudah menyala

Pastikan tombol Wi-Fi sudah menyala

Beberapa gadget seperti laptop dan smartphone memiliki tombol on off untuk Wi-Fi. Periksalah dan pastikan pada sisi perangkat yang kamu miliki sudah menyala pengaturan Wi-Fi nya. Jangan lupa untuk tombol atau switch berlabel dengan ikon router nirkabel sudah aktif.

2. Restart 

Restart perangkat laptop atau smartphone anda

Jika kamu sudah memastikan bahwa tombol Wi-Fi di perangkatmu sudah menyala, tapi kamu masih tidak bisa mengakses internet. Coba restart perangkatmu, karena restart ini dapat memperbaiki perangkat lunak atau firmware yang mungkin sedang bermasalah dengan komputer atau router mu. Namun, jika restart tidak bekerja, maka bisa cabut router Wi-Fi, tunggu 30 detik, dan pasang kembali. Cara ini bisa mengembalikan jaringan nirkabel kamu dan memungkinkan untuk terhubung ke Wi-Fi.

3. Matikan laptop atau smartphone-mu

Matikan laptop atau smartphone-mu

Jika Wi-Fi masih berhenti bekerja saat kamu sedang menggunakannya, dan kamu sudah melakukan cara di atas, maka cobalah untuk matikan komputer atau smartphone kamu, kemudian mematikan router dan modem. Lalu periksa untuk memastikan semua kabel dan colokan listrik yang terhubung denagn perangkat. Kemudian hidupkan perangkat kembali, mulai dengan modem, router, dan selanjutnya komputer atau perangkat utama. 

4. Kembalikan Router Wi-Fi ke pengaturan pabrik

Kembalikan Router Wi-Fi ke pengaturan pabrik

Jika perangkatmu masih tidak mengidentifikasi jaringan Wi-Fi, coba untuk menekan dan tahan tombol reset kecil di belakang router kurang lebih selama 10 detik. Ini akan mengembalikan router ke settingan default pabrik, yang mungkin membuatnya terdeteksi lagi. Sayangnya, ini juga akan menghapus pengaturan yang sebelumnya sudah ada, sehingga kamu harus kembali mengamankan Wi-Fi dan mengkonfigurasi ulang koneksi Internetmu.

5. Pindahkan Router Wi-Fi

Pindahkan Router Wi-Fi

Saat reset pabrik sudah dilakukan, tapi sinyal Wi-Fi tetap juga tidak bisa terhubung dengan perangkat, maka cobalah untuk memindahkan letak router yang ada. Karena lokasi atau tempat menyimpan router atau dalam bahasa Indonesia disebut penghala juga dapat berpengaruh terhadap kekuatan sinyal Wi-Fi. Untuk mendapatkan sinyal terkuat, coba tempatkan router dekat dengan pusat rumahmu dan menyimpannya di tempat terbuka. Jangan menyembunyikannya di laci, sekitar TV, atau di mana saja yang dapat membatasi transmisi sinyal. Pastikan router setidaknya 10 kaki dari perangkat yang dapat mengganggu itu, seperti monitor bayi, microwave, atau telepon cordless.

Gadispagi

http://www.gadispagi.blogspot.com | [email protected]

Widget


Code

<iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0;" src="http://daihatsu.co.id/kokgituya/widget" scrolling="yes"></iframe>