Agregator.com

TECHNOLOGY

Bukan Cuma Murah, Ini 7 Keuntungan Merakit Komputer Sendiri

Bukan hanya dapat harga lebih murah, merakit komputer sendiri juga memberikanmu banyak keuntungan, berikut diantaranya.

pexel.com

Komputer mungkin kini keberadaan tak terlalu banyak dicari, kecuali buat para penikmat games atau design grafis. Namun harga PC berkualitas yang begitu mahal kadang menjadi kendala bagi sebagian orang yang mengalami keterbatasan dana. Alhasil, jika tidak menunda pembelian mungkin komputer bisa dimiliki dengan cara bayar cicil.

Namun, jika memiliki banyak waktu sebenarnya hal tersebut tak perlu dilakukan. Asalkan punya banyak waktu penghematan pasti bisa dilakukan, yakni dengan merakit sendiri komputermu. Bukan hanya dapat harga lebih murah, merakit komputer sendiri juga memberikanmu banyak keuntungan, berikut diantaranya.

1. Kita Lebih Fleksibel Untuk Tentukan Komponen

Kelebihan pertama dari komputer rakitan adalah memberi akses kontrol penuh kepada pengguna untuk menggunakan spare part sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Kamu bisa membuat komputer terbaik yang pernah kamu bayangkan, dengan spesifikasi setinggi mungkin dan dengan harga yang bisa kamu perkirakan. 

2. Bisa Tentukan Daya Pada Komputer

Seperti kita ketahui sebuah PC tentunya memiliki spesifikasi hardware yang berbeda satu dengan yang lainnya. Perbedaan spesifikasi ini tentunya berbeda pula dalam kebutuhan daya listrik. Nah jika kita sudah tahu komponen-komponen apa yang ada sejak sebelum dirakit maka dengan mudah kita menentukan Power Supply dengan daya berapa yang harus dipakai.

3. Kualitas terjamin

Jika kamu memiliki budget yang banyak kamu bisa menggunakan komponen dengan kualitas terbaik untuk komponen komputer yang akan kamu gunakan. Apalagi kamu tahu betul beberapa merk ternama beberap produk komputer yang pantas membuat komputermu semakin berkelas.

4. Dapat diupgrade sewaktu-waktu

Jika kamu merakit komputer sendiri , kamu bisa memperkirakan berapa tahun komputer kamu akan bertahan. Dan jika dirasa sudah lumayan tertinggal (jadul) kamu bisa mengganti (upgrade) beberapa komponen tanpa harus mengganti keseluruhan perangkat. Tentunya dengan pemilihan perangkat sebelumnya yang tepat.

5. Dapat Tentukan Monitor Yang Tepat

Monitor merupakan bagian penting dari komputer. Sama pentingnya seperti vga card dan soundcard meskipun tidak sepenting hardisk, memory, dan prosesor. Tanpa monitor sebuah CPU tetap bisa dinyalakan namun tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.  Untuk menentukan monitor tentunya kamu harus sesuai kebutuhan, jika untuk gaming tentunya pilih yang gambar berkualitas namun untuk dipakai kerja atau ketik saja pilihlah yang standar saja.

6. Kamu akan mengerti tantang komponen komputer

Ilmu memang lebih penting dibandingkan apapun. Karena itu, dengan merakit komputer sendiri kamu secara tidak langsung akan mengetahui harga-harga komponen komputer di pasaran. Dan kamu juga dapat mengetahui cara memasang komponen-komponen yang ada pada CPU. Sehingga, apabila teman kamu meminta tolong untuk merakit komputernya, kamu dapat menolongnya atau bahkan bisa jadi bisnis sampingan.

BACA JUGA:

5 Hal yang Harus diperhatikan Sebelum Membeli Komputer

Komputer atau Laptop Kamu Lemot saat di Shutdown? Coba deh Cara Mempercepat Proses Shutdown Ini

Votes


13


8

Aglar

http://Aglar.blogspot.com | aglarardharaja@gmail.com