Agregator.com

TECHNOLOGY

Hati-Hati Peretas! Lindungi Rahasia Dalam Ponselmu Dengan 5 Kiat Ini

Memiliki ponsel yang super canggih tentunya harus dibarengi dengan keamanan yang baik pula didalamnya, hal ini untuk berjaga - jaga jika suatu waktu data yang kamu simpan diponsel dibajak oleh oknum yang jahil ataupun hilang karena ada virus didalamnya.

Fungsi smartphone pada dewasa ini bermacam-macam, tak hanya digunakan sebagai alat komunikasi saja seperti SMS dan telepon, namun juga digunakan untuk menyimpan berbagai macam data penting yang sifatnya sangat pribadi. Karena bentuknya yang praktis membuat banyak orang juga suka menggunakan smartphone untuk menunjang pekerjaan. Memiliki ponsel yang super canggih tentunya harus dibarengi dengan keamanan yang baik pula didalamnya, hal ini untuk berjaga - jaga jika suatu waktu data yang kamu simpan diponsel dibajak oleh oknum yang jahil ataupun hilang karena ada virus didalamnya. 

Kamu bisa melakukan tindakan pencegahan dasar untuk menjaga keamanan smartphone kamu adalah hal yang wajib. Nah, berikut ini adalah tips untuk melindungi data privasi di smartphone kamu.

1. Gunakanlah antivirus yang terpercaya sebagai antisipasi terhadap adanya virus didalamnya.

Hasil gambar untuk antivirus hp

Antivirus adalah hal yang paling dibutuhkan oleh semua orang yang ingin mengamankan data-data digital dan penting yang dimilikinya agar tidak hilang dimakan oleh virus. Virus kini tak hanya menyerang komputer ataupun laptop namun virus juga bisa saja menyerang ke smartphone kamu. Disarankan untuk menggunakan antivirus terbaik untuk melindungi HP Android kamu untuk mencegah virus masuk ke sistem yang bisa membuat kinerja HP menjadi menurun.

2. Lakukanlah back up data secara berkala, untuk berjaga - jaga jika data yang kamu punya hilang sewaktu - waktu. 

cara melindungi data privasi di smartphone agar tidak dicuri

Melakukan backup data secara berkala merupakan salah satu pencegahan dasar untuk melindungi dan memulihkan informasi pada smartphonemu. Biasanya pada aplikasi tertentu seperti whatsap akan muncul back up data secara otomatis, nah jika kamu ingin segala data penting termasuk riwayat chatting kamu aman, maka lakukanlah back up data secara berkala. Apabila di kemudian hari smartphone kamu mengalami masalah dan menyebabkan semua data hilang, kamu bisa melakukan restore untuk data-data penting milik kamu yang sudah di-backup sebelumnya.

3. Kunci Smartphone kamu dengan PIN atau Kunci Pola yang tak banyak orang tau.

cara melindungi data privasi di smartphone agar tidak dicuri

Untuk perlingdungan dari luar, kuncilah smartphone kamu dengan PIN ataupun kunci pola. Buatlah pola kunci yang sedikit rumit dan jarang orang tau agar smartphone kamu aman dari jamahan oknum yang bertanggung jawab. Untuk mengaturnya bisa melalui aplikasi maupun dari perangkat smartphone itu sendiri.

4. Downloadlah aplikasi dari sumber terpercaya seperti Goodle Play atau Appstore. 

ffb2971567b081c1674dbd1d07f59a13

Jika anda ingin men-download aplikasi maupun game, pilihlah web download yang terpercaya, seperti Google Play atau Appstore. Selain itu kamu juga harus perhatikan review yang sudah tersedia dan membaca kebijakan privasi sesuai kah dengan fitur hp yang kamu miliki.

5. Matikan Wi-Fi dan Bluetooth jika sudah tidak digunakan untuk mencegah hacker mencuri data mu. 

Off

Bagi hacker, salah satu jalan untuk terhubung dengan suatu perangkat salah satunya adalah lewat jaringan Wi-Fi dan Bluetooth.  Jadi, pastikan koneksi Wi-Fi dan Bluetooth pada smartphone kamu tidak dalam keadaan on terus-menerus. Ini berguna untuk berjaga-jaga agar smartphone kamu tidak di-hack lewat jaringan tersebut.

Votes


5


10

Aglar

http://Aglar.blogspot.com | [email protected]

Widget


Code

<iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0;" src="http://daihatsu.co.id/kokgituya/widget" scrolling="yes"></iframe>