Agregator.com

TECHNOLOGY

Jangan Asal Beli, Pertimbangkan 6 Hal Ini Saat Kamu Membeli Keyboard

Terkadang banyak orang tak terlalu peduli terhadap fungsi keyboard itu sendiri, sehingga banyak diantara mereka yang menyesal karena salah membeli keyboard.

Keyboard merupakan salah satu elemen penting yang menunjang kinerja komputer. Memiliki keyboard yang dapat berfungsi dengan baik tentunya bisa mempermudah pekerjaan kita. Namun terkadang banyak orang tak terlalu peduli terhadap fungsi keyboard itu sendiri, sehingga banyak diantara mereka yang menyesal karena salah membeli keyboard.

Lewat ketikan keyboard inilah nantinya CPU akan menerima input dan merespon sesuai dengan yang kita harapkan. Jika kamu salah beli maka akan merasakan tidak nyaman setiap mengetik, entah itu dikarenakan keyboard kurang responsif atau bentuknya yang tak ergonomis, akan menghambat kinerja kita. Oleh karenanya, sebelum memutuskan untuk membeli keyboard yang mana, simak dulu tips memilih keyboard komputer di bawah ini.

1. Pilihlah keyboard sesuai dengan kegunaan yang kamu butuhkan.

Hasil gambar untuk keyboard games

Kebanyakan keyboard didesain untuk kegiatan mengetik, namun ada fungsi lain salah satunya untuk main game. Keyboard khusus gamer biasanya memiliki tombol-tombol yang kokoh dan tinggi, jarak antar tombol lebar, serta membutuhkan tekanan lebih dalam. Kebanyakan keyboard gaming justru kurang nyaman untuk mengetik dalam waktu lama.

Sementara untuk mengetik kita bisa menggunakan keyboard kantoran yang standar. Tapi kalau kamu punya pekerjaan dengan intensitas mengetik yang sangat tinggi, serta ada dana lebih, nggak ada salahnya kamu membeli keyboard dengan desain ergonomis. 

2. Perhatikan mekanisme tombol.

Hasil gambar untuk keyboard games

Ada tiga jenis mekanisme tombol keyboard yang banyak beredar di pasaran saat ini. Yaitu dome, scissor, dan mechanical. Untuk tipe dome biasanya menggunakan silikon atau karet di bawah tombolnya untuk menghantarkan respon dari tombol ke sirkuit. Biasanya terdapat pada keyboard dengan harga yang ekonomis. Sedangkan tipe Scissor Switch menggunakan sebuah penyeimbang mekanik untuk menciptakan tekanan tombol yang nyaman dan seimbang di segala sisi. Pilih keyboard ini jika kamu sering mengetik.

Terakhir yakni tipe Mechanical ini pilihan keyboard untuk kamu sering main game.  Mechanical-switch memungkinkan keyboard menerima jutaan tekanan tanpa rusak. Sebab para gamer biasanya menekan tombol yang sama berkali-kali dengan penuh emosi.

3. Perhatikanlah konektivitas yang digunakan untuk  menyambungkan keyboard dengan komputer.

Hasil gambar untuk keyboard PS/2

Ada beberapa pilihan untuk menyambungkan keyboard dengan komputer seperti PS/2, USB, Wireless USB, dan Bluetooth. PS/2 meurpakan tipe lama dan biasanya ditemukan pada keyboard konvensional dan  membutuhkan port PS/2 yang berwarna ungu. Namun lantaran perkembangan ada juga tipikal keyboard juga dijual dengan port USB, baik yang dengan kabel maupun nirkabel. Pastikan satu slot USB kosong yang bisa dipasangi dengan keyboard tipe ini.

Jika Anda tak ingin meja komputer penuh dengan kabel keyboard, pilih saja yang bertipe wireless. Biasanya, keyboard ini menggunakan jaringan Bluetooth tertutup sehingga tak perlu lagi adanya sambungan kabel.

4. Pilihlah bentuk dan desain yang nyaman dan sesuai kebutuhan. 

Hasil gambar untuk keyboard PS/2

Keyboard kantoran standar biasanya terlihat membosankan. Pilihlah bentuk dan desain keyboard yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Bentuk ergonomis juga sangat cocok bila kamu sering menggunakan untuk mengetik. Atau kamu suka bermain game kamu bisa memilih desain yang keren yang fungsinya menambah keseruan saat bermain game. Warna keyboard memang biasanya hitam agar terasa nyaman di mata.

5. Pilihlah harga keyboard yang sesuai dengan budget yang kamu miliki. 

Nah ini yang penting. Sesuaikan keyboard pilihan kamu dengan dana yang kamu punya. Kalau memang cukup, beli saja yang agak mahal. Biasanya harga mahal menentukan kualitas dan daya tahan. Jika kamu terbatas, belilah keyboard standar kantoran, tapi disarankan untuk tidak membeli yang murahan, karena biasanya yang murahan akan lebih cepat rusak. 

6. Perhatikan fitur tambahan pada keyboard.

Pilih yang sekirannya cocok dengan kebiasaan mengetik. Jika sering mengakses tombol angka, maka keberadaan NUM pad adalah keharusan. Sementara, fitur anti air atau tombol-tombol tambahan lain adalah opsional. Jika kamu memang memiliki dana berlebih, tak ada salahnya memiliki fitur ini dalam keyboard kamu.

Votes


6


8

Aglar

http://Aglar.blogspot.com | [email protected]

Widget


Code

<iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0;" src="http://daihatsu.co.id/kokgituya/widget" scrolling="yes"></iframe>