Agregator.com

TECHNOLOGY

Lindungi Akun Sosial Media Kamu dari Pembajakan dengan 5 Trik Ini

Sebagai pengguna aktif media sosial dan media lainnya di internet, sebaiknya lebih berhati-hati dan bijak dalam menggunakannya. Jangan sampai akun kita menjadi korban dan sasaran empuk pembajakan, terlebih jika akun yang kita miliki bersifat pribadi dan seringkali mendukung pekerjaan kita.

Memiliki akun sosial media dan beragam akun lain kini menjadi hal yang cenderung wajib. Tapi, seiring dengan kecanggihan dan kemudahan yang ditawarkan oleh kemajuan teknologi, muncul juga sebuah ancaman cyber, dimana pembajakan dan peretasan adalah salah satunya. Maka tak heran jika pencurian identitas adalah salah satu risiko keamanan yang kini menjadi ancaman.


Oleh karena itu, sebagai pengguna aktif media sosial dan media lainnya di internet, sebaiknya lebih berhati-hati dan bijak dalam menggunakannya. Jangan sampai akun kita menjadi korban dan sasaran empuk pembajakan, terlebih jika akun yang kita miliki bersifat pribadi dan seringkali mendukung pekerjaan kita. Lakukan pencegahan dengan 5 cara ini untuk menghindari pembajakan akun sosial media kita.

Perhatikan mengenai privasi online setiap kali kita memposting dan mengisi data di internet

Perhatikan mengenai privasi online setiap kali kita memposting dan mengisi data di internet

Saat mengisi data di akun sosial media dan akun lainnya, sebaiknya kita benar-benar memperhatikan kebijakan privasi yang diterapkan oleh media tersebut. Karena privasi adalah salah satu hal terpenting untuk menjaga akun kita terhindar dari pembajakan. Tak perlu membagikan atau memposting suatu hal yang rahasia, penting, dan bersifat pribadi, karena kita tak tahu siapa saja yang melihat hal itu. Ingat, hampir setiap jam terjadi pencurian identitas melalui dunia digital, jadi jangan sampai deh kita salah satu korbannya. 

Gunakan password yang unik untuk setiap situs dan media yang kamu miliki

Gunakan password yang unik untuk setiap situs dan media yang kamu miliki

Password, adalah salah satu sistem keamanan yang penting bagi akun kita di dunia digital. Oleh karena itu, gunakanlah password yang benar-benar unik untuk setiap akun yang kamu miliki. Dan perlu diingat, jangan menggunakan password yang sama pada satu akun dengan lainnya, karena hal ini akan memudahkan pembajakan. Selain itu, rubahlah secara berkala password yang kamu pakai.

Tutup serta matikan webcam dan speaker di laptop yang kita pakai 

Tutup serta matikan webcam dan speaker di laptop yang kita

Tak heran jika Mark Zuckerberg menutup laptopnya di bagian webcam dan speaker, karena saat ini hacker semakin canggih. Akses jarak jauh untuk mengendalikan perangkat yang kita gunakan bisa dilakukan melalui pengiriman virus trojan dan sejenisnya. Jadi mengantisipasi seseorang memata-matai kita adalah dengan menutup akses webcam dan juga speaker adalah salah satu cara untuk menjaga privasi dan juga keamanan kita di dunia digital.

Cerdas dan teliti dalam melakukan sinkronisasi

Cerdas dan teliti dalam melakukan sinkronisasi

Melakukan sinkronisasi antara satu media dengan media lainnya memang sangat memudahkan kita. Namun, apakah perlu kita melakukan sinkronisasi itu? Karena pada dasarnya melakukan sinkronisasi secara otomatis akan membuat kita melakukan pengiriman data, padahal belum tentu semua data itu di butuhkan di media lain. Sehingga terlalu sering melakukan sinkronisasi justru akan memudahkan akun kita untuk diretas. Jadi berhati-hatilah dalam mensinkronkan perangkat kita, terlebih jika menggunakan ponsel smartphone, keamanan akan cenderung lebih rentan.

Periksa keaslian situs sebelum sign in, karena saat ini sangat banyak situs palsu

Jangan sampai sign in di situs palsu loh

Kejahatan di dunia digital saat ini semakin meningkat, para hacker yang tak bertanggung jawab semakin canggih dalam melakukan aksinya. Bahkan kini tak jarang kita akan menemukan situs-situs berpenampilan mirip yang memiliki URL yang berbeda dengan aslinya, misalnya saja Facebook, tentu kita pernah beberapa kali tak sengaja mengklik tombol ads dan dialihkan pada situs yang menyerupai tampilan depan situs Facebook. Oleh karena itu, kita harus lebih hati-hati dan cek dulu keasliannya dengan melihat URL website tersebut sebelum sign in, agar kita tak menjadi korban pembajakan. 

BACA JUGA :

Hati-Hati Peretas! Lindungi Rahasia Dalam Ponselmu Dengan 5 Kiat Ini

Jangan Panik Jika Ponselmu di Curi, Kamu Bisa Mengikuti Cara ini Untuk Mengamankan Datanya

Votes


4


6

Gadispagi

http://www.gadispagi.blogspot.com | [email protected]

Widget


Code

<iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0;" src="http://daihatsu.co.id/kokgituya/widget" scrolling="yes"></iframe>