Agregator.com

TECHNOLOGY

Waspada Gadget Palsu, Kenali 5 Perbedaan Barang Asli dan Tiruan Berikut Ini

Produk ternama seringkali memiliki banyak tiruan, dan banyak dari para konsumen tak dapat membedakan mana yang asli dan palsu. Sebagai konsumen kamu harus teliti dan paham bagiamana membedakannya.

Banyaknya gadget palsu saat ini bukan lagi fenomena yang langka. Meski telah banyak beredar dipasaran namun tetap saja banyak konsumen tak bisa membedakan karena miripnya kedua barang tersebut, bahkan malah produk palsu terlihat lebih bagus daripada barang aslinya. Dengan banderol harga yang lebih murah membuat orang lupa untuk mengecek apakah barang tersebut asli atau palsu dan efeknya mereka akan menyesal dikemudian hari. Nah untuk mengantisipasi kemungkinan buruk kamu harus menjadi konsumen yang lebih teliti lagi sebelum memutuskan untuk membeli gadget dengan cara berikut ini.  

1. Telitilah sebelum membeli, kamu harus memeriksa packaging dari gadget yang kamu inginkan sebelum memutuskan membelinya

brightside.me

Cara ini adalah cara paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengecek keaslian sebuah produk sebelum memutuskan untuk membelinya. Packaging produk asli sudah dipastikan akan rapi dan memperhatikan segala sesuatu yang menjadi komponen pada box produk tersebut. Perhatikan juga teks yang terdapat pada box, biasanya produk asli sangat detil dalam packaging, bahkan sampai kepada kualitas print teks pada box.

2. Perhatikan material produk yang ingin kamu beli

brightside.me

Pada umumnya barang yang dipalsukan diproduksi di tempat yang sama dengan barang yang asli. Hanya saja, yang membuat harganya menjadi lebih murah dan dikategorikan ke dalam produk palsu adalah karena menggunakan komponen atau material yang berbeda. Seperti charger misalnya, charger asli akan didesain dengan rapi dan halus, berbeda dengan charger palsu yang akan terlihat kaku dan tidak rapi pembuatannya. 

3. Meskipun terlihat sama bukan berarti itu serupa, kamu juga harus memperhatikan font yang ada pada logo produk sebelum membeli

brightside.me

Logo merupakan identitas sebuah produk, meskipun didesain sedemikian rupa untuk menyamai produk asli, jika kamu termasuk orang yang teliti bentuk logo barang palsu akan tetap terlihat berbeda dengan barang asli. Untuk memastikan produk yang kamu beli asli atau palsu, kamu bisa memeriksa logo atau font yang terdapat pada komponen gadget. 

4. Pastikan kondisi charger dari gadget yang hendak dibeli

brightside.me

Barang selundupan (black market) atau barang tiruan biasanya dibuat di luar Indonesia, dan salah satu komponennya pasti akan berbeda dengan komponen asli, hal ini sering terlihat pada charger. Soket charger sebuah produk didesain sesuai dengan soket yang biasanya digunakan di negara bersangkutan. Pastikan soket charger gadget yang kamu beli telah sesuai dengan desain untuk soket charger di Indonesia untuk memastikan barang tersebut asli atau palsu.

5. User manual menentukan kualitas produk yang akan kamu beli

brightside.me

User manual sebuah produk berisi tentang informasi penting mengenai produk tersebut. Biasanya, informasi tersebut dimuat dalam bahasa negara tempat produk tersebut dipasarkan. Hal ini bisa kamu jadikan acuan dalam memilih produk, lihat terlebih dahulu bahasa yang digunakan dalam user manual produk, bila bahasa yang digunakan tidak dapat dimengerti, kemungkinan produk tersebut adalah selundupan atau palsu.

BACA JUGA :

Cara Membedakan Samsung Galaxy Asli dengan Samsung Galaxy Palsu Ternyata Mudah

Biarpun Bekas, Harga Ponselmu Akan Tetap Tinggi Selama Tips ini Kamu Ikuti

Votes


7


10

HT1705

http://https://herotimothy.wordpress.com/ | [email protected]