Agregator.com

TRAVEL

Menyibak Indahnya Danau Kelimutu Bersama Terios 7 Wonders 2016

Kuatnya memegang teguh adat istiadat dan melestarikan budaya leluhur inilah yang membuat Daihatsu memutuskan Danau Kelimutu sebagai salah satu Wonder di petualangan Terios 7 Wonders 2016 ini

Pada etape ketiga, tim Terios 7 Wonders melakukan perjalanan menuju Kelimutu untuk menikmati keindahan Danau Tiga Warna (Danau Kelimutu) di puncak Gunung Kelimutu yang berada di ketinggian 1.631 meter dari permukaan laut. Ada tiga hal yang membuat Danau Kelimutu begitu istimewa dan layak dijadikan Wonders ketiga.


1. Konon Danau Kelimutu Dihuni oleh Roh

Danau Kelimutu mempunyai tiga kubangan raksasa, bernama Tiwu Ata Mbupu, Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, dan Tiwu Ata Polo.

Danau Kelimutu mempunyai tiga kubangan raksasa. Tiap kubangan danau tersebut memiliki nama masing-masing, yaitu Tiwu Ata Mbupu, Tiwu Nuwa Muri Koo Fai, dan Tiwu Ata Polo. Masyarakat setempat percaya bahwa danau yang pertama dihuni oleh roh atau jiwa orang tua yang telah meninggal. Adapun danau kedua dipercaya menjadi 'rumah' bagi jiwa muda-mudi, sedangkan danau ketiga, konon dihuni arwah orang jahat.


2. Perubahan Warna Air Danau secara Misterius

Tiga kubangan raksasa Danau Kelimutu selain memiliki nama yang berbeda-beda, konon tiap kubangan mempunyai warna air yang berbeda juga.

Tiga kubangan raksasa Danau Kelimutu selain memiliki nama yang berbeda-beda, konon tiap kubangan mempunyai warna air yang berbeda juga, yaitu merah, biru, dan putih. Tapi, tak ada yang tahu pasti kapan danau-danau itu berubah warna karena belum ada yang pernah melihatnya. Dilihat dari segi sains, terdapat satu jenis mineral dalam danau yang berubah sesuai kondisi geologis.


3. Upacara Adat untuk Memberi Makan Kepada Roh

Masyarakat setempat 'memberi makan' para roh di ketiga danau melalui upacara Pati Ka Du'a Batu Ata Mata yang dilakukan satu kali dalam setahun.

Mitos mengenai roh penghuni Danau Kelimutu tak sekadar menjadi kepercayaan. Sebab, masyarakat setempat 'memberi makan' para roh di ketiga danau melalui upacara Pati Ka Du'a Batu Ata Mata yang dilakukan satu kali dalam setahun. Adapun upacara pemberian sesaji kepada roh-roh penghuni Danau Kelimutu, meliputi sirih, pinang, rokok, nasi, dan daging, lalu diakhiri dengan arak/tuak. Upacara pemberian sesaji termasuk juga acara makan besar untuk semua orang dan menari Gawi (tarian adat setempat).

Kuatnya memegang teguh adat istiadat dan melestarikan budaya leluhur inilah yang membuat Daihatsu memutuskan Danau Kelimutu sebagai salah satu Wonder di petualangan Terios 7 Wonders 2016 ini.

kokgituyadotcom

[email protected]

Widget


Code

<iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0;" src="http://daihatsu.co.id/kokgituya/widget" scrolling="yes"></iframe>