Agregator.com

TRAVEL

Taman Kambang Iwak, Sejak zaman Belanda Hingga Kini Masih Eksis

Bila singgah di Palembang, mampirlah ke Taman Kambang Iwak. Inilah Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang tak kalah asyik dengan tempat lain loh.

Nama tempatnya adalah Taman Kambang Iwak, yang lokasinya ada diantara Jalan Tasik dan Jalan Sutomo, Kota Palembang. Taman ini banyak menawarkan ragam fasilitas mulai dari sarana olahraga, sarana bermain anak, jogging track, air mancur dan masih banyak lainnya.

Kambang Iwak berasal dari bahasa lokal yang memiliki arti harafiah adalah kolam ikan. Kambang Iwak sendiri aslinya adalah danau yang diajadikan sebagai kolam ikan. Dimana danau ini selain berfungsi sebagai tempat menampung air dan penghias danau, juga merupakan cita-cita masyarakat Palembang yang ingin terus melestarikan dan menjaga kebersihan danau.

Taman yang memiliki luas sekitar 5 hektar itu dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang terus diperbarui. Diantaranya taman bermain anak, tempat duduk, keran air yang bisa langsung diminum, hingga fasilitas hotspot gratis bagi mereka yang ingin mengakses internet sambil bersantai menikmati taman yang rindang.

Nggak heran jika sampai saat ini terutama tiap akhir pekan, Taman Kambang Iwak kerap diramaikan oleh masyarakat. Mereka yang datang mulai dari anak-anak hingga orang dewasa yang berasal dari berbagai komunitas. Seperti contoh komunitas pemusik, pesepeda hingga komunitas lainnya. Apalagi tempat ini juga dilengkapi jogging track tersendiri. Bahkan Taman Kambang Iwak juga kerap diramaikan oleh biker sebagai lokasi yang pas buat nonkrong

Buat Sahabat yang ingin lari mengelilingi danau, atau sekadar berolahraga di setiap bisa dilakukan tanpa beban. Karena bantaran danau di Taman Kambang Iwak banyak dijumpai tumbuhan trembesi dan pepohon rindang lainnya. Dari atas pohon kerap terdengar kicauan burung yang membuat suasana menjadi teduh dan asri.

Sementara di bagian tengah danau, melintang jembatan yang memiliki panjang sekitar 200 meter. Jembatan tersebut membelah danau dan menghubungkan Jalan Tasik dan Jalan Sutomo yang berada di seberangnya. Yang menarik, pada malam hari tempat ini menawarkan pemandangan indah dengan adanya air mancur di tengah danau plus sorotan lampu agar terlihat lebih eksotis.

Menurut cerita warga sekitar, Taman Kambang Iwak merupakan taman kota yang sudah ada sejak jaman Belanda. Taman tersebut dibangun untuk warga keturunan Belanda sebagai tampat olahraga, juga berfungsi sebagai penghias taman. Bahkan danau buatan juga memiliki fungsi praktis sebagai tempat menampung luapan air hujan, sehingga mampu menangkal banjir.

Votes


1


1

kokgituyadotcom

[email protected]

Widget


Code

<iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0;" src="http://daihatsu.co.id/kokgituya/widget" scrolling="yes"></iframe>