Agregator.com

TRAVEL

Tenun Ikat Flores, Budaya yang Tak Lekang Oleh Waktu

Desain tenun ikat Flores memiliki makna yang berbeda - beda, motif dan warnanya juga melambangkan status sosial, sehingga tidak sembarang orang bisa memakainya.

www.daihatsu.co.id

Tenun ikat Flores memiliki corak yang khas dan desain motifnya juga terbilang etnik. Motif dan desain warna tertentu melambangkan kedudukan seseorang dalam strata sosial si empunya. Bahkan penggunaannya, tidak sembarang. Ada yang diperuntukkan khusus upacara adat ada pula yang digunakan untuk keseharian dalam bermasyarakat. Bahkan kain tenun ikat juga bisa sebagai investasi bagi si empunya.  

Hebatnya, masyarakat lokal bisa menerjemahkan model maupun desain masing-masing daerah di Flores. Sebut saja, motif Lembata, Maumere, Moni, Ende dan lainnya. Ada desain khas daerah yang ingin ditonjolkan. Semisal, terdapat nilai-nilai relijius dan kekuatan alam. Motif kuda melambangkan kebanggaan, kekuatan dan keberanian. Sementara motif ayam menegaskan kehidupan wanita ketika berumah tangga.

Ada beberapa kelompok pengrajin kain tenun ikat yang masih eksis, salah satunya pengrajin kain tenun ikat dari Ende, tepatnya Manulondo, Ndona. Kain tenun ikat Flores ini menggunakan bahan-bahan alami untuk pewarnaan, sumbernya berasal dari daun dan akar-akaran. Sehingga dengan warna alami ini membuat kain tenun Flores semakin awet dan tak pudar warnanya. "Kami menggunakan pewarna alami. Bahan-bahan didapat dari lingkungan sekitar, seperti mengkudu, daun, kemiri, indigo dan lainnya. Cara tradisional masih dipertahankan kelompok pengrajin Kapokale, Manulondo Ndona. Prosesnya bisa mencapai 3 hingga 5 bulan untuk kain tenun ikat berkualitas," papar Mama Tres kepala pengrajin Kapokale.

BACA JUGA :

7 Alasan Mengapa Flores Harus Jadi Destinasi Kamu Selanjutnya

Keindahan Flores itu Bukan Soal Gunung dan Laut Saja, Karena Ada Kain Tenun Ikat Sikka yang Bikin Kamu Makin Cinta dengan Tanah Nusa Nipa

Votes


6


5

kokgituyadotcom

[email protected]

Widget


Code

<iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0;" src="http://daihatsu.co.id/kokgituya/widget" scrolling="yes"></iframe>