Agregator.com

WIRAUSAHA

5 Orang yang Harus Kamu Temui Saat Akan Memulai Bisnis

Untuk memperluas jaringan dalam berbisnis, kamu harus memiliki kemampuan sosialisasi yang baik dan mampu menjaga pertemanan. Karena tidak menutup kemungkinan bahwa suatu saat nanti usahamu bisa berkembang berkat bantuan dan arahan dari para koneksi kamu.

Sebagian orang berpendapat bahwa modal adalah faktor yang memegang peranan penting dan vital dalam dunia bisnis. Memang benar, namun terkadang orang lupa bahwa masih ada faktor pendukung  lain yang tak kalah penting, yaitu pengetahuan tentang berbisnis, mitra usaha, serta kenalan kenalan ataupun koneksi untuk mengembangkan bisnis tersebut. 

Untuk memperluas jaringan dalam berbisnis tentunya kamu harus memiliki kemampuan sosialisasi yang baik dan mampu menjaga pertemanan. Karena tidak menutup kemungkinan bahwa suatu saat nanti usahamu bisa berkembang berkat bantuan dan arahan dari para koneksi kamu. Setidaknya 5 orang inilah yang harus ada didalam list pertemananmu jika memang kamu serius untuk menjalankan bisnis. 

1. Mentor .

www.creativeequals.org

Mentor yang dimaksudkan disini adalah orang yang memiliki wawasan dan pengalaman tentang dunia bisnis. Kamu bisa menggali banyak informasi dari beliau yang tentunya sudah menelan asam garam dalam bisnis. Karena setiap  perjalanan bisnis mereka entah itu kegagalan ataupun keberhasilan merupakan ladang ilmu bagimu. Maka, rajin - rajinlah mengikuti seminar atau workshop yang menghadirkan pakar bisnis ataupun para pebisnis yang sudah sukses. Biasanya mereka memiliki fanbase atau akun media sosial yang bisa kamu follow. Dengan begitu kamu bisa mencuri ilmu yang bermanfaat dari setiap content yang mereka posting

2. Seorang pengusaha yang sudah sukses dalam bidangnya. 

www.pexels.com

Sangat penting bagimu jika memiliki kenalan orang yang sudah tentu berpengalaman dalam bisnisnya. Terkadang mereka bukan orang yang bisa dan akan terus terang dalam berbagi ilmunya dalam acara seminar - seminar. Namun berkat kenalan dan jaringan yang kamu miliki, kamu bisa saja masuk kedalam komunitas pengusaha atau memiliki kenalan seorang pengusaha yang sukses dibidangnya masing - masing. Ini merupakan nilai plus yang harus kamu jaga, karena berteman dengan mereka makan akan banyak petuah postif yang akan kamu dapat.

3. Sosial media influencer.

www.pexels.com

Jaman digital seperti ini, keterlibatan seorang sosial media influencer dalam perjalanan bisnis memang sangat membantu. Sosial media influencer adalah orang yang memiliki pengaruh bagi banyak orang dalam dunia sosial media, tentunya mereka juga sudah memiliki banyak followers. Keberadaan mereka bisa mempromosikan dan memberikan review kepada para pengikutnya tentang berbagai produk yang sedang kamu jual. Ini memberikan kemudahan bagimu jika nantinya melakukan promosi  di media online

4. Orang - orang yang sedang menjalankan bisnis yang sama denganmu. 

www.pexels.com

Tak ada salahnya jika kamu juga berhubungan baik dengan orang - orang yang sedang merintis usaha yang sama denganmu. Karena dari mereka kamu bisa belajar bersama atau membentuk sebuah komunitas untuk berbagi pengalaman maupun kegagalan yang pernah di alami. Dari mereka kamu juga bisa memperluas jaringan dan kenalanmu. Bahkan tidak menutup kemungkinan jika nantinya kalian bisa menjadi mitra usaha. 

5. Investor.

www.pexels.com

Sebagai seorang yang sudah memutuskan untuk berkecimpung dalam dunia bisnis, sudah seharusnya memiliki kenalan seorang investor. Karena kamu tak akan pernah tahu kapan kamu membutuhkan bantuan seorang investor untuk membesarkan bisnismu. Jika kamu sudah berniat untuk memulai bisnimu, maka akan ada banyak jalan yang bisa mengantarkanmu bertemu dengan berbagai macam orang dan peluang untuk mendapatakan kenalan seorang investor akan terbuka dengan sendirinya. 

BACA JUGA :

Mau Jutaan Rupiah Setiap Hari Hanya Dari Jualan Buah Segar? Simak Tipsnya Dibawah ini

Masih Muda Jangan Hanya Foya-Foya, Tambah Isi Kantongmu dengan 7 Bisnis Kreatif Ini

Votes


4


4

kokgituyadotcom

dai.indonesia@gmail.com

Widget


Code

<iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0;" src="http://daihatsu.co.id/kokgituya/widget" scrolling="yes"></iframe>