Agregator.com

WIRAUSAHA

7 Tips Dasar Memulai Bisnis UKM Online Agar Mencapai Keuntungan Maksimal

Sama halnya dengan bisnis online pada umumnya, bisnis UKM online juga memerlukan trik khusus untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal.

www.unggulcenter.org

Ada banyak peluang usaha yang bisa di geluti di era moderen seperti ini, apalagi didukung dengan teknologi online yang terbukti memberikan kemudahan bagi para pelaku bisnis, salah satunya adalah bisnis UKM online. Sama halnya dengan bisnis online pada umumnya, bisnis UKM online juga memerlukan trik khusus untuk menghasilkan keuntungan yang maksimal. Nah buatmu yang ingin menggeluti bisnis ini, simak yuk tips berikut. 


1. Pastikan terlebih dulu bahwa produk UKM kamu bisa dijual secara online atau tidak. 

Berdasarkan pengalaman banyak UKM, banyak produk yang tidak bisa di jual secara online alias pembeli harus langsung ke tempat penjualan untuk bertransaksi dan membawa pulang produk. Meski produk tersebut bisa dipasarkan secara online namun kurang efisien jika transaksi tidak bisa dilakukan secara online dan barang dikirim melalui kurir. Nah untuk memulai bisnis UKM berbasis online, maka pastikan terlebih dulu apakah produk tersebut bisa di jual secara online atau belum. 


2. Memiliki SDM yang dapat mengoperasikan pemasaran secara online.

Untuk memaksimalkan penjualan secara online, setidaknya kamu memiliki karyawan untuk mengelola situs online kamu. Meksi pekerjaan ini terlihat mudah, namun pada dasarnya dibutuhkan pemahaman yang luas terhada dunia online, seperti melakukan pemasaran secara online, upload foto produk yang menarik, menjawab sejumlah pesan teks dari calon pembeli, dan memberikan infformasi tertulis mengenai produk tersebut. 


3. Membangun kepercayaan pelanggan di ranah online.

Dalam hal ini calon pembeli tidak bisa melihat langsung ataupun meraba produk yang kamu jual secara online. Maka salah satu hal yang penting adalah meningkatkan portofolio penjualan agar terlihat menarik dan membuat calon pembeli percaya terhadap produk kita.  Di berbagai media, portofolio dapat berbentuk testimonial, ulasan yang baik, atau rating yang tinggi. Nah cara untuk meningkatkan portofolio produk ini adalah kamu harus responsif, jangan "nyuekin" pertanyaan calon pembeli, memberikan banyak informasi tentang produk agar tidak miskomunikasi. 



 BACA SELENGKAPNYA 

Votes


7


14

unggulcenter

http://www.unggulcenter.org | [email protected]

Widget


Code

<iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0;" src="http://daihatsu.co.id/kokgituya/widget" scrolling="yes"></iframe>