Agregator.com

WIRAUSAHA

Mau Jutaan Rupiah Setiap Hari Hanya Dari Jualan Buah Segar? Simak Tipsnya Dibawah ini

“Jangan takut nggak punya modal, kalau mau usaha pasti ada jalan,”. Bahkan hanya dari jualan buah segar keuntungan jutaan bisa kamu dapatkan.

Pernah mendengar kisah Samsul Arifin, seorang Mahasiswa di Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Profesor DR Hamka yang memiliki pendapatan hingga Rp 6juta setiap hari dari Jualan buah segar

Kisahnya dimulai 6 tahun lalu, ketika itu Samsul tengah terhimpit masalah ekonomi dan tak mampu membiayai kuliahnya. Kalut dengan kehidupan ekonominya yang sering pasang surut ia akhirnya memutuskan berbisnis. Samsul paham benar hanya bisnis yang dapat mengantarkannya pada kesuksesan

Berbekal modal Rp 1 juta, Samsul memberanikah dini memulai bisnis buah dan sayur segar. Tak disangka, 4 tahun kemudian bisnis buah dan sayur segarnya mampu meraih omzet hingga Rp 180juta perbulan alias 6juta perhari.

"Waktu itu modal Rp 1juta, modal tersebut saya gunakan untuk beli sayur-sayur dari petani, awalnya untuk menutup uang kuliah saja," kata Samsul yang dilansir dari Detik.com.

Berkat keberanian, usaha dan ketekunan, Samsul bukan hanya bisa melunasi biaya kuliah namun juga membangun rumah, membeli mobil, motor dan tanah, dengan pengalaman bisnisnya yang panjang, Samsul mengajak para pemuda untuk memulai usaha mandiri sejak dini bahkan ketika modal yang ada belum mumpuni

"Jangan takut nggak punya modal, kalau mau usaha pasti ada jalan," ceritanya dikutip Detik.

Berkaca dari kisah Samsul sudah selayaknya pemuda dan pemudi masa kini lebih berani berbisnis apalagi sudah ditunjang dengan kecanggihan teknologi. Tertarik mengikuti jejak samsul yang dapat meraih omset 6juta sehari? Mungkin tips membangun bisnis jual buah segar ini dapat membantu.

Langkah 1

Siapkan Modal

www.pexels.com

Karena bisnis dimulai dengan biaya pas-pasan sebaiknya persempit rincian kebutuhan. Fokuskan modalmu untuk membeli buah dan sayuran segar terbaik. Misalnya jika modal yang kamu punya sekitar Rp1 juta, rinciannya adalah sebagai berikut.

Belanja Buah dan Sayur   Rp. 500.000

Biaya Pengemasan Rp. 100.000

Biaya Pemasaran Rp. 100.000

Biaya Promosi Rp. 300.000

Langkah 2

Pilih Sayuran dan Buah Terbaik

www.pexels.com

Biarpun modal hanya sedikit jangan biarkan hal ini membatasimu mendapatkan buah dan sayuran terbaik, justru jika perlu sudah organik. Agar bisa mendapatkan harga yang lebih murah kamu bisa coba cara Samsul yang bergerilya dari satu petani ke petani lain untuk mendapatkan buah dan sayuran terbaik dengan harga terbaik. Disarankan tidak memilih pertanian terlalu jauh dari kota tempatmu berjualan agar tetap segar ketika berada ditangan pelanggan. 

Untuk menyiasati harga agar lebih miring coba beli dengan jumlah besar, gunakan mobil pick-up yang kuat untuk mengangkutnya misalnya Daihatsu HI-MAX. Selain berkapasitas cukup besar pick-up yang satu ini juga mampu meliuk-liuk dijalanan sempit, sehingga bisa menjaga kesegaran buah dan sayurmu dalam medan apapun.

Langkah 3

Tentukan Lokasi

www.pexels.com

Lokasi menjadi titik penting sukses atau tidaknya bisnis jual buah segarmu. Carilah titik-titik ramai dimana orang sering berlalu lalang, misalnya dekat pusat perbelanjaan, kampus, kantor, atau sekolah. Tapi, biasanya harga sewa tempat-tempat ramai lumayan memberatkan. Namun kamu bisa mengatasinya dengan berjualan menggunakan mobil pick up. Hanya perlu mencari lokasi yang teduh maka jualanmu akan terus dilirik pembeli. Keuntungan lain menggunakan mobil pick up adalah kamu bisa berpindah-pindah lokasi sehingga memperluas pelanggan. Salah satu mobil pick-up murah yang bisa kamu andalkan untuk berjualan buah segar adalah Daihatsu HI-MAX dengan kapasitas bak 1.935 x 1.395 mm.

Langkah 4

Promosi

Daihatsu.co.id

Setelah dana ditangan dan lokasi ditentukan kini saatnya proses promosi. Biarpun modal pas-pasan promo menawan wajib dilakukan. Tak perlu mahal dan merepotkan, promosi bisa kamu lakukan hanya dengan memberikan diskon tambahan dua butir buah setiap 1kg pembelian misalnya, atau beli 1 kg buah gratis seperempat buah lain, tentunya harga jual sudah diperhitungkan agar tak rugi ya.

Langkah 5

Mempertahankan konsumen

www.pexels.com

Ini termasuk langkah yang sering dilupakan oleh pebisnis buah pemula, fokus menggaet sebanyak mungkin pembeli membuat mereka lupa keberadaan konsumen lama yang cukup loyal. Coba buat tempat jualanmu senyaman mungkin agar para konsumen betah berlama-lama dikedaimu. Bahkan jika hanya bermodal mobil pick-up kamu bisa tetap memberikan kenyamanan.

Salah satunya menciptakan cafe berjalan, kamu hanya perlu menyiapkan meja dan kursi dengan menu pilihan seperti buah potong, rujak atau jus buah segar. Bisa juga dengan jasa antar buah dan sayur segar yang memudahkan para pelanggan menimati buah dan sayuran kesukaan kapapun mereka inginkan.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu aplikasikan agar bisa berhasil dengan bisnis jual  buah dan sayur segar. Selamat mencoba!

BACA JUGA:

Sering Disepelekan! Ini 7 Usaha Sampingan yang Bisa Bikin Kamu Jadi Jutawan

3 Strategi Bisnis yang Bisa Bikin Bisnis Makananmu Melejit

kokgituyadotcom

[email protected]

Widget


Code

<iframe style="width:100%; height:100%; border:none; margin:0; padding:0;" src="http://daihatsu.co.id/kokgituya/widget" scrolling="yes"></iframe>