Agregator.com

WIRAUSAHA

Selain Bank, ini Alternatif Pinjaman Modal Untuk Melebarkan Sayap Bisnismu

Untukmu yang menyerah karena pengajuan pinjaman modal di Bank sering ditolak, 5 alternatif ini bisa menjadi pilihan untuk melebarkan sayap bisnismu.

www.ngomongbae.com

Modal atau pendanaan selalu menjadi masalah utama bagi pengusaha pemula atau start up.  Sebanyak apapun ide bisnis yang dimiliki, modal adalah salah satu hal yang penting dalam sebuah bisnis entah itu bisnis skala kecil atau skala besar. Jalan satu-satunya tentu dengan mengajukan pinjaman modal.


Meski kini sudah banyak Bank yang bisa memberikan pinjaman modal bagi mereka yang ingin memulai bisnis, tapi ternyata prosedur perbankan terkadang sulit untuk dipenuhi. Misalnya saja, bank hanya memberikan modal pada UMKM yang sudah menjalankan usaha dalam jangka waktu tertentu, pastinya hal ini sulit bagi mereka yang baru memulai bisnisnya. Tapi, kamu tak perlu berkecil hati, karena masih ada alternatif pinjaman lain yang bisa kamu ajukan untuk mendapatkan modal usaha.


Modal Ventura, kini menjadi salah satu sumber permodalan yang populer di kalangan start up

Modal ventura adalah suatu investasi dalam bentuk pembiayaan berupa penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan swasta sebagai pasangan usaha (investee company). Hal ini dilakukan dalam jangka waktu tertentu. Pada umumnya jalinan kerjasama ini dilakukan dalam bentuk penyerahan modal secara tunai kepada start up yang ditukar dengan sejumlah investasi pada perusahaan yang menjadi pasangan usaha. Namun sayangnya, investasi modal ventura ini biasanya memiliki risiko yang tinggi meski memberikan imbal hasil yang tinggi pula. Jadi, pertimbangkan sebelum mengambil sumber dana ini.

Meminjam modal dari rekan usaha, mungkin bisa dijadikan alternatif untuk memulai usaha

Meminjam uang pada rekanan usaha bisa menjadi solusi permodalan dalam bisnis modern. Kamu bisa mendatangi dan mengajukan proposal peminjaman kepada rekan usahamu, dalam hal ini mungkin kamu akan mendapatkan pinjaman dari individu atau sekelompok individu, dan mereka akan menjadi salah satu investor dalam usahamu.

Crowfunding, model pendanaan masa kini yang banyak diambil start up

Crowfunding adalah sistem pendanaan dengan model penggalangan dana. Jadi, pemilik usaha yang baru mulai ini bisa melakukan penggalangan dana dari sejumlah besar orang untuk memodali suatu proyek atau usaha yang umumnya dilakukan melalui internet. Contohnya calon pembeli membayar produk terlebih dulu atau dikenal dengan pre order, dan bayaran itu yang nantinya akan menjadi modal bagi pemilik produk untuk memproduksi produk tersebut. Tentu saja hal ini bisa dilakukan saat kamu telah memiliki ide atau sample produk yang mampu menarik minat pembeli atau calon pemodal.

Dapatkan modal menggunakan kartu kredit pribadi

Kartu kredit bisa menjadi salah satu alternatif kita untuk mendapatkan modal usaha. Jika biasanya kita hanya memanfaatkan kartu kredit sebagai alat pembayaran, dan shopping online saja kini kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas tarik tunai yang disediakan oleh kartu kredit agar bisa mendapatkan dana tunai, tanpa harus melalui prosedur peminjaman seperti di bank. Tapi jika kamu mengambil dana dari kartu kredit pribadi untuk modal usaha, kamu harus selalu ingat berapa limit yang dimiliki dan jangan lupa melakukan pembayaran setiap bulan, agar tagihan tidak membengkak. 

Dapatkan pinjaman keuangan mikro pada bank pemerintah

Jika melakukan pijaman di Bank terasa sulit, maka cobalah jeli dalam memilih produk pinjaman. Karena saat ini bank pemerintah sudah menyediakan fasilitas pinjaman mikro yang ditujukan untuk para pemilik usaha kecil dengan bunga yang rendah. Selain itu, pinjaman yang ditawarkan oleh Bank pemerintah akan menawarkan pilihan yang baik untuk mengamankan pendanaan startup kamu..

BACA JUGA :