X

MODELS

X

Tips Mudik Aman dan Nyaman

2013/07/17

 Tips Mudik Aman dan Nyaman

Banyak hal yang perlu Anda waspadai agar perjalanan mudik anda aman dan Anda dapat selamat sampai tujuan. Berikut ini beberapa tips yang perlu diperhatikan agar dapat mengakomodir kenyamanan tersebut.

1.       Periksalah tekanan angin ban Anda. Sesuaikan tekanan angin dengan standar pabrikan mobil yang biasanya terdapat area pintu mobil, dan bila ingin menambah tekanan angin, idealnya tambah angin di bengkel mobil besar dan resmi.

2.       Periksa kondisi ban mobil apakah sudah aus atau belum. Pengecekan bisa dilakukan dengan melihat permukaan bunga ban atau melihat indikator pada ban (biasanya berupa tanda segi tiga). Jangan lupa periksa juga kondisi ban serep Anda apakah masih dalam kondisi baik.

3.       Apabila berkendara dijalan menanjak, hindari menginjak setengah kopling hal ini mempercepat usia kampas kopling Anda. Manfaatkanlah rem tangan untuk menahan kendaraan saat ditanjakan, atau pergunakan transmisi rendah (gigi 2 atau 3) untuk jalanan menurun.

4.       Ketika berakselerasi dijalan bebas hambatan, fokus dan konsentrasilah menjaga kecepatan yang konstan. Dan jagalah jarak aman dengan kendaraan didepan, setidaknya Anda bisa melihat posisi 2 atau 3 mobil di depan Anda.

5.       Bila mudik bersama buah hati, maka bawalah beberapa mainan kesayangan si buah hati, hal ini dapat mengalihkan perhatian sang anak, ketika rasa bosan mendera.

6.       Pastikan semua lampu berfungsi dengan baik, jika perlu tambahkan lampu peruntukan medan berkabut.

7.       Menyetir bergantian, baiknya disaat mudik Anda mengajak supir cadangan, karena jam fisik badan untyuk berkendara, idealnya tidak lebih dari 4 jam. Bila sudah melampaui jam fisik tersebut, bisa dipastikan stamina menurun, yang berakibat pada kurangnya konsentrasi.

8.       Tentukan rute perjalanan dan ketahui kondisi dan keadaan jalan sebelum mudik. Hal ini bisa dilakukan dengan terus mengikuti pemberitaan atau bisa bertanya langsung pada teman atau kerabat yang terlebih dulu melakukan perjalanan mudik.

9.       Carilah tempat yang aman saat harus berhenti saat keadaan darurat. Bisa memilih pom bensin, kantor polisi, atau tempat lainnya yang memiliki penerangan cukup dan ramai.

10.   Patuhi semua rambu dan marka jalan, sebagai tambahan, bisa juga Anda membawa GPS tambahan atau maksimalkan gadget yang miliki, guna memberikan petunjuk tambahan untuk arah jalan alternatif.

 Jadikan mudik Lebaran tahun ini lebih memiliki hikmah dan bermakna, dengan terus menjaga keselamatan berkendara di jalan. Pastikan Anda dan keluarga, selamat sampai tujuan. (RAO)

 

 

Kembali
HUBUNGI KAMI

Hotline Daihatsu

1500898

[email protected]

IKUTI KAMI

All Rights Reserved © Copyright 2017 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku