X

MODELS

X

Daihatsu Konservasi Penyu untuk Indonesia Bersama Klub

2013/09/25

Daihatsu Konservasi Penyu untuk Indonesia Bersama Klub   

 

Jakarta – Sejak 2011, Daihatsu memiliki program Penyu untuk Indonesia yang terus dikembangkan hingga saat ini. Program ini dimulai dalam bentuk adopsi boneka Penyu (2011), Adopsi 105.000 Telur Penyu dan program Penyu Sahabat Anak (2012), dan pada 2013 Daihatsu kembali melibatkan klub–klub pengguna Daihatsu untuk program Konservasi Penyu Binaan Daihatsu.

Pada program adopsi boneka penyu, hasil donasi yang diberikan berupa peralatan operasional dan fasilitas konservasi untuk lima konservasi di Indonesia yaitu Perancak, Bali; Pangumbahan, Ujung Genteng; Derawan, Berau; Serangan, Bali dan Batu Hiu, Ciamis. Sedangkan untuk adopsi telur penyu, kami juga memberikan donasi tersebut ke konservasi di Perancak dan Serangan (keduanya di Bali). Selain itu juga pada program “Konservasi Penyu Binaan Daihatsu”, terdapat tiga lokasi konservasi yang tengah dikembangkan bersama klub yaitu : 

1. Konservasi Batu Hiu yang dibina bersama C2W (Charade Classy Winner), DTC (Daihatsu Taruna Club) dan ZEC (Daihatsu Zebra Club)

2. Konservasi Penyu Pangumbahan yang dibina bersama AXIC (Avanza Xenia Indonesia Club) dan SIC (Sirion Indonesia Club)

3. Konservasi Penyu Pulau Pramuka yang dibina bersama CCI (Ceria Club Indonesia), TO (Taruna Owners) dan TERUCI (Terios Rush Club Indonesia)

 

Program konservasi penyu dilakukan dalam tiga tahap yaitu Survey, dimana club melihat langsung kondisi di lapangan kemudian tahap kedua adalah pengajuan proposal perbaikan oleh Club yang akan dilanjutkan dengan inisiasi perbaikan dan kemudian dilakukan proses pembangunan final. Saat ini rekan-rekan klub Daihatsu telah melakukan tahap 1 yaitu survey lapangan untuk melihat kondisi fasilitas yang ada.  

Setelah melakukan survey lapangan, ide-ide perbaikan pun mulai dikumpulkan. Misalnya saja di Batu Hiu, klub mengusulkan untuk membangun pagar tembok dan saluran pembuangan air. Sedangkan di Pangumbahan, program edukasi dirasa sangat perlu untuk sosialisasi ke masyarakat sekitar, salah satunya adalah mencegah konsumsi telur penyu. Kondisi konservasi di pulau Pramuka membutuhkan penyuluhan masyarakat serta perbaikan rumah bak tukik. Langkah selanjutnya adalah menyusun ide-ide tersebut menjadi konsep perbaikan yang utuh dan lengkap dengan kebutuhan biayanya untuk kemudian ditindaklanjuti dengan implementasi nyata.

“Sebagaimana diketahui, saat ini populasi penyu di Indonesia terus menurun dan membutuhkan perhatian khusus. Daihatsu bersama Club berupaya untuk melestarikan penyu melalui program konservasi penyu di daerah-daerah. Kami berharap apa yang kami lakukan dapat memberi kontribusi dan turut menjaga jumlah populasi penyu sehingga terhindar dari kepunahan” ujar Elvina Afny, Customer Satisfaction & Value Chain Division Head PT Astra Daihatsu Motor 

Pada kesempatan yang sama, I Wayan Anom selaku Ketua Konservasi Penyu Perancak, Bali mengatakan “Kami sangat berterimakasih kepada PT Astra Daihatsu Motor atas perhatian besar dan keseriusannya dalam membantu konservasi penyu Perancak. Habitat peneluran penyu di Perancak masih asri dan jumlah sarang penyu yang ditemukannya pun meningkat setiap tahun. Dengan dukungan dari PT Astra Daihatsu Motor, pelestarian habitat penyu di Perancak pun terus kami jaga agar di masa depan anak cucu kita pun masih dapat melihat penyu.”

Kembali
HUBUNGI KAMI

Hotline Daihatsu

1500898

[email protected]

IKUTI KAMI

All Rights Reserved © Copyright 2017 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku