X

MODELS

X

Kenal Dekat Sirkuit Tes Daihatsu Technical Center Shiga

2017/11/07

Daihatsu punya technical center atau Researh & Development (R & D) untuk line up global andalannya. Inilah ajang uji coba di trek dari para teknisi Daihatsu memaksimalkan performa line up sebelum dipasarkan ke publik.

Ada 3 area technical center untuk pengembangan transporter global yang tersebar seantero Jepan di luar kantor pusat Ikeda-shin Osaka. Pertama, Kyushu R & D Center lebih ditekankan mengembangkan seksi mesin dan unit kei-car. Kedua, Hokkaido Proving Ground Shibetsu, area ini lebih dikhusukan test course mobil-mobil untuk kawasan bersalju. 
Fasilitas Lengkap
Dan terakhir,  Technical Center Shiga, kawasan ini terbilang untuk pengujian kendaraan Daihatsu. Test course meliputi high speed, jalan rusak, ketahanan kendaraan hingga fasilitas test crash tiap produk andalan Daihatsu sebelum dilepas ke pasar.
"Shiga Test Course sudah ada sejak tahun 1986. Hingga resminya tahun 1991, Shiga Technical Center mulai dibuka. Fasilitas pengetesan terbilang lengkap di sini," tukas ujar Ichiro Otaki Brand GM Daihatsu Motor Company (DMC).
Untuk pengujian performa high speed, proving groung Shiga mampu dimaksimalkan hingga 180 kilometer/jam pada trek lurus dengan panjang 2,85 kilometer. Proving groung berbentuk oval, lengkap dengan banking road (uji kemiringan jalan) hingga 45 derajat.
Sementara untuk pengujian jalan rusak (rough road durability course) dengan panjang lintasan hingga 4.900 meter. Pada area ini, mobil dites dengan beragam kondisi jalan, mulai dari yang bergelombang, semi-offroad, berlubang  dan lainya.
Untuk kelincahan dan daya cengkeram mobil, Shiga Technical Center juga menyediakan tes slalom. Panjang lintasan 515 meter, bisa dimaksimalkan kecepatan maksimum hingga 130 km/jam. Area ini diharapkan bisa menguji kemampuan rem dan stability control mobil. 
Tentu saja pengujian sudah termasuk tes high speed dan low speed, sistem anti-lock braking system (ABS), jalan basah, tes kebisingan dengan standar ISO, kestabilan, pengujian durability, pengukuran sasis dan gas buang.
"Uji tes tabrak (crash test) juga dilakukan di sini dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing negara. Selain itu fasilitas seperti Mileage Accumulating Dynamometer (MAD), sampai wind tunnel test ada. Termasuk pengujian ketahanan mesin pada suhu ekstrem mulai dari minus 50 derajat hingga 55 derajat Celcius pun diuji di Shiga Technical Center," jelas Otaki
Mantaps

Kembali
HUBUNGI KAMI

Hotline Daihatsu

1500898

[email protected]

IKUTI KAMI

All Rights Reserved © Copyright 2017 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku