X

MODELS

X

Produksi Daihatsu Copen: Handmade Yes, Pabrikasi No

2017/11/07

Copen memang istimewa. Transporter CC Daihatsu ini diproduksi masih menggunakan secara manual alias handmade dalam proses pembuatan. 

 

 

Dalam konteks ini, Copen terbilang nyeleneh dibanding produk line up Daihatsu lainnya seperti Tanto, Mira, Ayla, Terios, Xenia dan lainnya. 
Maklum tagline mobil yang affordable tidak bisa disematkan kepada sosok Copen. Tidak Cuma desain atau model semata, namun juga perihal banderol yang disodorkan Copen. Untuk pasar Indonesia, Copen versi manual saja dibanderoli Rp 427,3 juta (on the road). Pertanyaannya, kok bisa mahal?
Namun setelah kami mengenal dekat dengan Copen, pertanyaan tersebut terjawab. Apalagi saat Astra Daihatsu Motor mengajak awak media ke pabrik ekslusif Daihatsu di Ikeda-Shi, Osaka, Jepang. Inilah pabrik Copen yang dikerjakan secara manual atau non-pabrikasi.
Sekedar infromasi, pabrik Copen hanya berjumlah 52 orang saja. Untuk proses, proses produksi Copen mesti melalui 61 rangkaian sebagai standar. Sementara untuk volume produksinya per bulan mencapai 250 unit saja.  Mayoritasnya  untuk pasar domestik Jepang dan di luar itu tergantung order tentunnya.
Pengerjaan struktur kerangka D-Frame milik Copen dari pabrik Shiga. Selanjutnya, Dress Formation, di mana dari rangka tersebut mulai dipasangkan atau menyatukan komponen standar, termasuk bodi luar berbasis resin.
"Order dari berbagai Negara termasuk Indonesia dengan desain model modifikasi ekslusif dikerjaan teknisi secara manual di pabrik ini. Semisal model lingkar setir, jok dan lainnya. Sentuhan handmade manusia ini membuat Copen begitu istimea," tukas Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & CR Division Head Astra International-Daihatsu Sales Operation (Ai-DSO) di Osaka Jepang. 
Kemudian masuk jalur inspeksi. Setelah perakitan mobil dianggap selesai, Copen mesti lulus uji proses cek kualitas. Final check quality control memastikan unit sempurna secara fisik maupun fungsi mekanikal ataupun kelistrikannya.
It’s perfect…

Kembali
HUBUNGI KAMI

Hotline Daihatsu

1500898

[email protected]

IKUTI KAMI

All Rights Reserved © Copyright 2017 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku