X

MODELS

X

Tes Langsung Teknologi Smart Assist III dan Kehematan Daihatsu Mira eS di Lapangan

2017/11/08

Kehebatan teknologi Daihatsu tidak sekadar isapan jempol. Bila sebelumnya hanya medapat informasi dari release semata, kini performa teknologi andalan bisa dilihat dan dirasakan langsung di lapangan.

Pasalnya, awak media diajak atas undangan PT Astra Daihatsu Motor langsung menguji performa teknologi Smart Assist generasi ke-3 di Shiga Technical Center, Osaka Jepang (27/10). Teknologi safety teranyar yang disematkan pada Daihatsu Tanto dan Mira eS (Energy Saving) di Jepang.
"Teknologi Smart Assist I masih mengandalkan infra merah pada tahun 2012 dan generasi kedua pada tahun 2015, teknologi menggabungkan infra merah dan kamera saja. Terakhir Smart Assist III lahir pada tahun 2016 mengadopsi kamera kompak terkecil di dunia yang disemat di Tanto dan Mira eS. Meski berteknolog tinggii, Daihatsu tetap mengupayakan terjangkau untuk public," tukas Ichiro Otaki, Brand GM Daihatsu Motor Company
Teknologi ini berfungsi untuk mencegah tabrakan fatal mobil di depan dan pedestrian. Teknologi safety menjadi andalan Daihatsu saat ini. Smart Assist III diklaim bisa berfungsi maksimal hingga kecepatan 80 km/jam.

Tes Performa di Trek

Beruntung, kami awak media diberikan kesempatan menjajal teknologi keamanan persembahan Daihatsu. Ada sekitar 16 media dari Indonesia dibagi 2 grup merasakan test drive teknologi dimiliki Daihatsu di Shiga.
Menempati area sirkuit Shiga, satu per satu awak media mencoba yang dipandu oleh instruktur dari DMC. Daihatsu Mira eS dijadikan mobil pengetesan. Setelah mendapatkan penjelasan singkat dari petugas DMC berkenaan test drive uji coba Smart Assist III dan kehematan, langsung menunggu giliran.
"Selain isu kehematan BBM, Daihatsu kini mulai melirik sisi safety dalam teknologi Smart Assist III ini," tutur Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor di Osaka (27/10).
Test drive dimulai. Ada Daihatsu Mira eS dan 1 instruktur di kabin menjelaskan mekanisme kerja saat pengetesan. Sementara di depan, sekitar 100 meter ada maket mobil sebagai simulasi kendaraan saat di jalan.
Untuk pengetesan ini kecepat rata-rata bermain di spido meter 20 – 30 km/jam. Instruktur memberi aba-aba start di bawah kemudi setir dan media sebagai navigator. Sekitar 40 meter di belakang kendaraan simulasi kecepatan rata 20 – 30 meter dan posisi kaki tetap di perseneling gas.
Ajaibnyam hanya tingga beberapa meter dari moncong, Mira eS langsung otomatis merespons berhenti tanpa perlu menginjak rem. Sehingga kondisi tabrakan bisa dihindari berkat teknologi Smart Assist III.
Terakhir, tes kehematan Daihatsu Mira eS dengan simulasi berbagai kecepatan di dalam kota. Variasi kecepatan 20 km/jam hingga 50 km/jam dan kondisi teknologi Idle Stop Daihatsu juga diperkenalkan.
Daihatsu Mira eS diklaim kehematan BBM hingga 35,9 km/l kembali diuji. Sayang sekali, rekor tersebut belum bisa dipecahkan. Catatan terbaik hanya tertoreh 28,2 km/l dan rata-rata awak media hanya berkisar di angka kehematan BBM-nya 27 km/l.
Toh setidaknya hal ini bisa memberi jawaban langsung atas Test Drive teknologi yang diusung Daihatsu di trek. Dan terbukti teknologi safety dan hematnya di lapangan bukan sekadar info rilis semata.

Kembali
HUBUNGI KAMI

Hotline Daihatsu

1500898

[email protected]

IKUTI KAMI

All Rights Reserved © Copyright 2017 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku