Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
Cek Tekanan Angin Ban Secara Berkala Dengan 3 Langkah Ini
21 Februari 2017

Tahukah kamu jika mengisi tekanan angin pada ban mobilmu dengan ukuran yang pas, kamu akan mendapatkan banyak keuntungan? Salah satunya adalah bisa menghemat bahan bakar.

Tekanan udara yang tidak pas pada ban dapat menyebabkan hal-hal seperti ban aus secara tidak merata, atau bahkan yang lebih parahnya ban bisa meletus saat sedang berkendara, untuk mencegah hal-hal tersebut terjadi, penting untuk menjaga tekanan angin yang benar pada ban mobil A. Cara-cara berikut bisa menjadi solusi untuk tetap menjaga kondisi angin pada ban.

1. Lihat buku manual kendaraan atau petunjuk pada bagian dalam pintu mobil pengemudi

Angka yang tertera pada buku manual atau petunjuk pada bagian dalam pintu mobil pengemudi merupakan angka psi (pounds per square inch). Angka ini merupakan petunjuk ukuran tekanan angin yang bisa Anda jadikan acuan saat mengisi tekanan angin pada ban mobil. Perhatikan dengan seksama, karena biasanya ban depan dan belakang memiliki ukuran tekanan yang berbeda. Namun, untuk beberapa alasan, terkadang ban mobil dapat diisi dengan tekanan yang lebih tinggi, seperti:

a. Kebanyakan mobil sedan, minibus, atau pikap mini, biasanya produsen menganjurkan angka psi antara 27-32, tetapi angka ini dapat dinaikkan sampai 40.

b. Khusus bagi kendaraan lebih besar dengan beban berat, seperti truk atau SUV, angka psi umumnya berkisar antara 4 sampai 8 tingkat lebih besar dari mobil yang lebih kecil, yaitu sekitar 45.

2. Buka penutup pentil ban, dan gunakan alat pengukur tekanan angin

Anda bisa menggunakan alat pengukur  untuk mengetahui tekanan angin pada ban. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah membuka penutup pentil pada ban, setelah itu, tekan alat pengukur tekanan angin dengan erat ke dalam pentil ban dan lihatlah ukuran yang tertera. Untuk alat pengukur model tradisional, jarum meter akan menunjukkan ukurannya secara otomatis. Sementara pada alat pengukur model digital, Anda biasanya langsung dapat melihat tekanannya tanpa perlu menekan tombol apapun.

3. Jangan lupa menutup pentil ban setelah melakukan pengisian angin

Ini adalah hal kecil yang sering kali dilupakan. Penutup pentil ban adalah salah satu bagian penting yang berfungsi untuk menahan angin di dalam ban mobil. Selesai mengukur dan mengisi tekanan angin, pastikan Anda menutup pentil ban mobil dengan tepat. 

Sekarang sudah tahu kan bagaimana pentingnya mengetahui tekanan angin yang pas untuk ban mobil dan bagaimana manfaatnya? So, jangan sampai lupa selalu mengeceknya ya!

Tips Sahabat Lainnya
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Penyebab Rusaknya Power Steering Mobil
Bagi pecinta mobil tentu tak asing dengan istilah power steering. Power steering yang notabene merupakan teknologi yang sudah diaplikasikan di mobil terbaru memiliki segudang manfaat. Ada banyak sekal
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil
Cara Kerja Karburator Mobil - Sekarang ini memiliki mobil memang sangatlah mudah. Apalagi dengan banyaknya yang menawarkan pembelian mobil dengan DP rendah atau bahkan tanpa DP. Bagi orang membutuhka
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Anti Ribet, Begini Cara Membuat Paspor Online
Jalan-jalan ke luar negeri butuh paspor. Buat Sahabat yang belum memiliki paspor tapi berencana liburan ke luar negeri, kamu harus membuatnya terlebih dahulu. Sekarang ini kita semakin dimudahkan

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku