Logo Daihatsu

Tips Sahabat

Bagikan
5 Cara Pindah Gigi Mobil Matic di Tanjakan, Sangat Mudah!
17 Mei 2017
tips dan cara mudah pindah gigi mobil matic di tanjakan

Sahabat baru belajar menyetir mobil matic? Tentunya, Sahabat juga harus mengetahui cara pindah gigi mobil matic saat di tanjakan maupun turunan yang tajam.

Dalam mengemudikan kendaraan perlu adanya sikap terampil dan cekatan agar tidak terjadi kesalahan yang dapat berakibat fatal. Terutama dalam mengemudikan mobil matic yang pada dasarnya memiliki tingkat kemudahan dan kenyamanan dalam mengemudi.

Salah satu medan yang tersulit mengemudi mobil, yakni saat kondisi jalan yang menanjak apalagi ditambah dengan keadaan macet, termasuk saat menggunakan mobil matic.

Terkadang banyak orang yang bingung cara pindah gigi mobil matic apalagi di jalan yang menanjak. Karena jika tidak paham benar caranya bisa jadi mobil akan mundur ke belakang dan membahayakan kendaraan lain yang berada di belakang.

Namun, Sahabat tidak perlu khawatir lagi. Berikut ini 5 tips yang bisa Sahabat lakukan untuk memindah gigi mobil matic saat berada di tanjakan. Lets go!

Tips Pindah Gigi Mobil Matic di Tanjakan Agar Tidak Mundur

Ada tips dan cara yang harus Sahabat perhatikan saat hendak pindah gigi menggunakan mobil matic di tanjakan supaya tidak mundur. Oleh karena itu, Sahabat wajib mengikuti 4 cara mudah mengendari mobil matic di jalan menanjak ini, sebagai berikut :

1. Pelajari Seluruh Tuas Pada Gigi Mobil Matic dan Fungsinya

Cara pindah gigi mobil matic di tanjakan yang pertama yaitu Sahabat harus mengetahui seluruh fungsi tuas transmisi yang ada pada gigi mobil matic.

Pada umumnya, beberapa tuas transmisi pada mobil matic terdiri dari huruf dan angka antara lain P, R, N, D, 2, dan L. Berikut ini macam-macam tuas gigi mobil matic dan fungsinya :

  • P : Artinya parkir. Tuas ini digunakan untuk memarkirkan mobil sehingga transmisi dalam posisi terkunci dan mobil tidak akan bisa bergerak.
  • R : Artinya gigi mundur.
  • N : Artinya netral. Dalam tuas ini, mesin dan transmisi tidak akan terhubung.
  • D : Artinya Drive atau jalan. Mobil dengan posisi D akan bergerak maju. Dengan posisi D, perpindahan gigi dari 1 sampai gigi tertinggi akan diatur otomatis. Pengendara hanya tinggal menginjak gas dan rem.
  • 2 : Artinya menahan gigi tertinggi di gigi 2. Angka 2 pada transmisi otomatis biasa dipakai saat engine brake di jalan menurun tajam atau panjang, serta bila berhadapan dengan tanjakan curam. Sebab, jika hanya menggunakan D, terkadang mobil terasa berat ketika menanjak.
  • L : Artinya menahan gigi tertinggi di gigi 1.
  • Shift Lock : Fungsinya untuk melepas pengunci tuas transmisi sehingga bisa dipindah ke posisi N ketika mesin mati. Shift Lock bermanfaat saat parkir paralel sehingga mobil matic bisa didorong untuk menggesernya.

Baca Juga : Fungsi Gigi 1 2 3 4 5 Mobil Manual & Perbedaannya

2. Perhatikan Tingkat Kecuraman Tanjakan

Setelah mengetahui fungsi dari seluruh gigi pada mobil matic, selanjutnya yaitu memperhatikan tingkat kecuraman tanjakan. Hal ini penting diperhatikan karena akan mempengaruhi tuas yang kamu gunakan.

Patut diketahui, tuas transmisi ada untuk posisi netral, P untuk posisi sedang parkir, R artinya reverse atau mobil melaju mundur, serta D untuk kondisi mobil melaju ke depan. Lalu, ditambah lambang D2 dan D1 atau L di bawah posisi D.

Baca Juga : Efek Buruk Memposisikan Tuas di D Saat Mobil Matic Berhenti

3. Cocokan Tuas Transmisi dengan Kondisi Jalan

Jika kamu berada di jalan tanjakan daerah pedesaan maupun pegunungan yang biasanya memiliki medan yang lebih curam, cara pindah gigi mobil matic pada kondisi ini kamu tidak cukup jika hanya menggunakan mode D saja, tetapi gunakanlah transmisi D2 untuk bisa melaluinya dengan mudah.

Selain itu, jika tanjakan semakin curam kamu bisa menggunakan posisi D1. Posisi ini ibaratnya gigi 1 pada mobil manual. Posisi ini digunakan untuk tanjakan yang sangat curam atau ketika terjebak macet dan berjalan merayap di tanjakan.

4. Jangan Injak Rem saat Pindah Tuas dari D ke Posisi D2 atau D1

Hindari menggunakan rem terlalu dalam atau tidak sama sekali saat akan pindah dari posisi D ke D2 atau D1. Kamu hanya harus menekan tombol yang ada di tuas persneling untuk dapat memindahkan gigi. 

5. Terus Berlatih agar Terbiasa di Jalan Menanjak

Sahabat harus terbiasa menggunakan mobil matic saat kondisi jalan menanjak dengan cara terus berlatih. Dengan begitu, akselerasi mobil matic jadi lebih bertahap yang hampir sama ketika sedang mengendarai mobil manual saat posisi tanjakan.

Demikianlah tips dan cara mudah pindah gigi pada mobil maat saat di jalan tanjakan. Semoga bisa bermanfaat dan membantu Sahabat, ya. Kunjungi artikel menarik kami lainnya yang membahas seputar otomotif.

Tips Sahabat Lainnya
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Doa Bepergian Agar Selalu Dilindungi Allah SWT
Saat bepergian, biasakan untuk selalu mengawalinya dengan doa. Doa untuk memulai perjalanan adalah cara yang baik dan penting untuk memulainya dengan doa bepergian. Hal ini dikarenakan, tidak akan ada
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Di Tengah Isu Virus Corona, Daihatsu Tetap Luncurkan Ayla dan Sirion Terbaru
Tidak ada yang pernah mengira sebelumnya bahwa virus Corona ini akan berdampak pada banyak hal di dunia. Termasuk di Indonesia sendiri pada saat awal isu virus Corona di Wuhan, masyarakat Indonesia ma
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Arti Dari Kode Ukuran Ban Mobil
Untuk dapat memilih ban bagi kendaraan otomotif seperti mobil, hal pertama yang harus dipahami adalah spesifikasi dari ban tersebut. Spesifikasi dari ban sebenarnya dapat dipahami apabila seseorang ma
Air Radiator Mobil yang Bagus
Air Radiator Mobil yang Bagus
Memilih air radiator untuk mesin mobil yang bagus sangat penting untuk menjaga suhu mesin mobil agar tetap ideal. Penggunaan air radiator mobil yang tidak tepat dapat berimbas kepada mesin mobil yang

Booking Servis Melalui Aplikasi DaihatsuKu

Dapatkan penawaran menarik untuk layanan perawatan berkala pada kendaraan Anda

Logo PlaystoreLogo Appstore
Mockup Aplikasi DaihatsuKu
Semua Hak Dilindungi Undang-Undang@ Hak Cipta 2024 PT Astra Daihatsu Motor | Daihatsu Sahabatku