TIPS SAHABAT
Info Tips Otomotif Dan Motivasi Untuk Sahabat

Tips Sahabat
6 Cara Jitu Mencuci & Menyimpan Mobil Hitam

daihatsu.co.id

Warna hitam bisa dikatakan menjadi warna yang paling disukai konsumen untuk pengguna mobil. Ketika pemilik mobil memutuskan untuk membeli mobil dengan warna hitam, maka harus bersiap untuk melakukan perawatan ekstra ketimbang dengan warna lain.

Jangan sampai warna hitam andalan kamu menjadi kusam dan tidak menarik untuk dipandang. Tentunya membutuhkan effort lebih agar kilau cat hitam mobil kamu terlihat lebih awet dan terjaga.

Ikuti petunjuk bagaimana merawat cat hitam agar senantiasa terjaga mulai dari proses mencuci dengan baik hingga penyimpanan mobil, berikut ini.


1. Cuci Mobil di Pagi atau Sore Hari

Sebaiknya cuci mobil setiap pagi atau sore hari. Kemudian, seka menggunakan lap khusus yang berbahan microfiber hingga benar-benar kering. Hal ini bermanfaat untuk mencegah timbulnya jamur yang bisa berkembang dengan sangat cepat. Jamur tersebut bisa terjadi jika ada air di permukaan cat mobil yang menguap karena terkena panas sinar matahari.


2. Perhatikan Teknik Mengelap

Lakukan proses menyeka/mengelap dengan gerakan searah dengan tujuan menghindari baret halus dan swirl (sarang laba-laba).


3. Lakukan Proses Detailing dan Paint Protection

Karena lapisan pernis di cat mobil berwarna hitam sangat tipis sehingga bisa membuat mobil terlihat lebih cepat kusam. Hal ini bertujuan agar lapisan pernis tetap terjaga ketebalannya serta mampu menghilangkan baret dan swirl. Proses detailing idealnya dilakukan setidaknya setahun sekali.


4. Hindari Penggunaan Sabun yang Berbahan Deterjen

Sifat kimiawi deterjen dalam jangka waktu lama dapat membuat lapisan cat menjadi lebih cepat kusam. Disarankan untuk menggunakan shampoo dan sabun berbahan dasar air yang kini banyak tersedia di pasaran.


5. Gunakan Kemoceng untuk Bersihkan Debu Cukup Diseka

Ketika hendak membersihkan kotoran atau debu yang melekat pada cat mobil dengan menggunakan kemoceng, sebaiknya cukup diseka saja, dan jangan ditekan berlebihan. Karena menyeka dengan tekanan yang berlebih bisa menimbulkan baret.


6. Pastikan Mobil Bersih saat Gunakan Sarung Mobil

Pastikan terlebih dahulu jika mobil sudah dalam keadaan benar-benar bersih dari debu. Karena debu mudah tertimbun dalam waktu yang cepat. Pilihlah sarung mobil yang terbuat dari bahan yang halus agar tidak sampai menggores lapisan cat mobil.

2017-05-19 10:02:52