TIPS SAHABAT
Info Tips Otomotif Dan Motivasi Untuk Sahabat

Tips Sahabat
Jangan Sampai Salah, Jika Jok Mobil Ternoda Ini Cara Aman dan Ampuh untuk Membersihkannya

Jok mobil merupakan salah satu elemen yang wajib dijaga kebersihannya, karena jok yang rapih dan bersih akan memberikan kesan nyaman bagi penumpang maupun pengemudi. Untuk menjaga kebersihannya, Anda cukup menggunakan vacum cleaner atau lap biasa tapi masalahnya adalah terkadang kita tak bisa mengindar jika tiba-tiba jok terkena noda yang membandel dan susah dihilangkan seperti minuman atau makanan yang tak sengaja tertumpah di jok mobil.

Tentu hal ini membutuhkan perawatan ekstra, karena untuk membersihkannya Anda harus hati-hati dan harus paham dengan bahan jok mobil tersebut. Karena berbeda bahan akan berbeda pula trik dan cara menghilangkan nodanya, dan jangan sampai salah menggunakan cairan pembersih agar tak merusak kontur jok mobil. Nah Sahabat, lakukan trik ini yuk untuk membersihkan jok mobil sesuai dengan jenis bahannya.

1. Gunakan detergen yang lembut untuk jok berbahan kain atau beludru.

Langkah awal yang harus Anda lakukan terlebih dahulu adalah membersihkan sisa-sisa kotoran bekas tumpahan makanan atau minuman pada jok. Alatnya bisa dengan sapu atau sikat berserat halus, lalu gunakan vacuum cleaner hingga tidak ada bekas atau kerak noda.

Setelah itu, campurkan detergen cair dengan air hangat kemudian rendam busa pembersih (spons) ke dalam air dan remas untuk menghilangkan air sebelum digosokkan pada jok. Bersihkan secara perlahan agar jok terlalu basah, kemudian endapan air sabun diseka pakai handuk basah tanpa sabun hingga kotoran hilang.

2. Gunakan kondisioner khusus untuk jok berbahan kulit.

Jok berbahan kulit memang lebih mudah dibersihkan tapi juga tidak bisa sembarangan dalam merawatnya terutama dalam memilih bahan pembersih. Agar kualitas jok kulit tetap terjaga, Sahabat bisa membersihkan dengan air detergent khusus jok kulit lalu ditutup dengan memberikan cairan atau kondisioner khusus.

Nah mudah kan Sahabat ? selain mudah tentunya dua trik diatas cukup aman untuk jok Anda. Selamat Mencoba.

2017-06-20 10:50:11