TIPS SAHABAT
Info Tips Otomotif Dan Motivasi Untuk Sahabat

Tips Sahabat
- 4 Cara Mudah Mengetahui Kerusakan Aki Mobil

Aki merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada mobil, terutama pada bagian kelistrikan. Aki bekerja saat pertama kali mobil dinyalakan (starter).

Ketika pertama kali mobil dinyalakan, aki berfungsi sebagai sumber awal tenaga listrik pada sistem kelistrikan mobil.

Mengetahui apakah aki mobil sudah rusak atau sudah tidak berfungsi dengan baik merupakan hal yang wajib untuk Anda ketahui.

Berikut ini adalah cara mudah mengetahui apakah aki mobil Anda sudah harus diganti atau belum :

1. Mobil Tidak Bisa di-starter

Mobil Anda sulit atau tidak bisa distarter, mungkin ini menjadi salah satu tanda terjadinya masalah pada aki mobil. Cobalah cara lain untuk menyalakan mobil dengan bantuan kabel jumper. Jika mobil masih tidak mau menyala, sudah dipastikan aki mobil Anda sudah rusak.

2. Periksa Sistem Listrik Mobil

Perhatikanlah sistem kelistrikan pada mobil, misalkan lampu, radio, indikator bahan bakar, speedometer dan pendingin udara. Ketika kondisi aki mulai melemah, semua fungsi kelistrikan pun akan bermasalah.

3. Bunyikan Klakson Mobil

Cobalah untuk menyala klakson dalam kondisi mesin mobil menyala. Jika suara klakson mobil terdengar pelan atau sama sekali tidak terdengar suara apapun itulah tanda aki mobil Anda mulai melemah.

4. Korosi dan Usia Pemakaian Aki

Korosi pada aki bisa membuat kinerjanya menurun dengan signifikan. Ada berbagai cara untuk membersihkan korosi, Anda dapat menggunakan alat pembersih khusus yang dirancang untuk membersihkan terminal aki mobil.

Ketahuilah umur aki Anda. Batas pemakaian aki berkisar antara dua sampai tiga tahun. Masalah pada aki biasanya disebabkan oleh mobil yang jarang dinyalakan, karena dapat memperpendek umur aki tersebut.

2017-08-04 06:10:15