TIPS SAHABAT
Info Tips Otomotif Dan Motivasi Untuk Sahabat

Tips Sahabat
Lontong Balap Pak Gendut Bikin Ketagihan



Sahabat Daihatsu pecinta kuliner tanah air, pasti pernah dengar makanan khas bernama lontong balap. Makanan yang terkenal di kota Surabaya, Jawa Timur itu, memiliki ciri khas tersendiri hingga beken disebut lontong balap. Uniknya lagi, lontong balap bukanlah nama merek, melainkan nama dari hidangan itu sendiri.

Salah satu contohnya Lontong Balap Pak Gendut, dengan sajian lontong berkuah isian Tauge, Tahu serta Lentho alias kacang yang dimasak dengan cara khusus. Lentho inilah yang jadi pembeda dari lontong-lontong yang ada. Bahkan buat pelanggan yang memang suka rasa pedas, dapat menambahkan sambal petis yang merupakan ciri khas lontong balap.

Dari semua olahan Lontong Balap Pak Gendut, ternyata proses masak paling rumit adalah ketika membuat Lentho. Karena kacang merah yang direndam semalaman mesti dibersihkan, ditumbuk, dikasih bumbu garam, kencur, daun jeruk, bawang putih, bawang merah serta ketumbar. Semuanya ditumbuk, dikepal dengan tangan, baru digoreng. Wajar jika lentho disebut jadi pembeda lontong balap.

Rasa lontong balap Pak Gendut, berbeda dengan lontong pada umumnya. Jika Sahabat Daihatsu pernah lihat lontong sayur atau lontong cap gomeh, rasanya beda jauh. Karena kuah lontong balap bening tak bersantan. Sehingga rasanya ringan dan tak membuat eneg sama sekali.

Sementara tauge dan lentho memberi keunggulan dalam segi tekstur. Karena rasa lontong balap jauh lebih nikmat dari penampilannya yang sederhana. Apalagi lontong balap biasa disandingkan dengan sate kerang tak berbau amis, tak alot dan bumbu menyerap sempurna plus es degan. Bikin lihat enggan berhenti.

Harga lontong balap Pak Gendut di Jl. Prof. Dr. Moestopo No. 11 Surabaya (depan PDAM + Dekat Stasiun Gubeng) sekarang adalah Rp 14.000, dan seporsi sate kerang berisi sepuluh tusuk juga Rp 14.000. Lontong Balap Pak Gendut mulai buka dari pukul sembilan pagi hingga pukul 21 malam.

Jangan sampai nggak cobain ya Sob, kalau pas ke Surabaya. 

2017-09-08 03:56:14